-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

Seminar Pengembangan Diri, Andi Seto : Mengenal Potensi Diri Sangat Penting

20 November 2022 | 10:28 AM WIB |

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), menghadiri seminar pengembangan diri Yayasan Pendidikan Lamade Indonesia (YAPDESI) Sinjai yang berlangsung di gedung pertemuan Sinjai, Minggu (20/11/2022). Ia didampingi Ketua TP. PKK Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto.

Selain menghadiri seminar pengembangan diri, Bupati ASA turut didaulat menjadi narasumber bersama konten kreator Rijal Djamal dan Influencer Anggu Batari.

Kegiatan ini mengusung tema “Be yourself, love yourself, bye bye insecure”, dirangkaikan dengan peringatan hari jadi YAPDESI ke-4 tahun.

Di hadapan para generasi milenial, Bupati ASA menjelaskan mengenal potensi diri adalah hal yang sangat penting dalam pengembangan diri. Pasalnya, dengan mengenal potensi diri, maka otomatis kepercayaan diri akan terbangun dengan baik.

“Setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda dan ada juga yang memiliki kesamaan dan tidak. Makanya tidak perlu meniru orang lain karena setiap pengalaman dan kemampuan yang dimiliki setiap orang akan berbeda-beda,” ucapnya.

Menurut Alumni Monash Australia University, ini pengembangan diri memerlukan proses yang panjang mulai dari dukungan keluarga hingga dukungan lingkungan pergaulan.

Tidak hanya rasa optimisme yang harus ditanamkan dalam diri, namun sikap berfikir positif merupakan bentuk sikap percaya diri. Kata Bupati ASA, jangan biasakan berfikir ke hal-hal negatif sebab pikiran dan konsentrasi akan terhambat dan bisa berpengaruh dalam proses yang sedang dilakukan.

“Kepercayaan diri dimulai dari apa yang akan kita lakukan, dengan begitu kita bisa melangkah dengan tepat. Yang paling terpenting juga adalah selalu optimis dan berfikir positif,” jelasnya.

Terakhir, Bupati ASA mengingatkan agar kaum Milenial di Kabupaten Sinjai harus banyak belajar. Belajar dalam artian dari tidak tahu menjadi tahu dengan proses pengalaman panjang yang dilalui dalam kehidupan sehari-hari.

“Tidak ada orang di dunia ini yang tanpa melalui proses untuk menjadi sukses, saya juga terlahir dari proses. Keluarga saya memang berkecimpung di dunia politik, dari situlah saya berproses dan akhirnya bisa begini. Semua Karena dukungan keluarga, lingkungan dan pengalaman yang saya jalani. Jangan menyerah, tetap optimis,” pungkasnya.

Turut hadir perwakilan Forkopimda, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Sinjai, keluarga besar YAPDESI Sinjai serta ratusan peserta Seminar Pengembangan Diri yang didominasi oleh generasi milenial di Bumi Panrita Kitta’. [Ikhlas/Sudirman]

×
Berita Terbaru Update