Iklan

Iklan

Hadapi Ancaman Krisis Pangan, Soppeng Launcing Gerakan Tanam Pangan

20 November 2022, 10:20 AM WIB Last Updated 2022-12-02T05:51:55Z

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak melakukan launching dan distribusikan bantuan bibit cabai tampaning, di Hark Cafe dan Eatery Malaka Kabupaten Soppeng, Sabtu (19/11/2022).

Launching tersebut dikemas dalam Gerakan Tanam Pangan Panen Cepat melalui Sejuta Bibit Cabai Tampaning.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikuktura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Soppeng Ir Andi Fajar mengatakan, launching ini merupakan instruksi Presiden RI Jokowi kepada seluruh pimpinan daerah Kabupaten/Kota untuk menangani laju inflasi yang terjadi di tahun ini.

Dan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng yakni, melakukan Gerakan Tanam Pangan Panen Cepat melalui Sejuta Bibit Cabai Tampaning.

“Hal ini juga salah satu tujuan untuk meningkatkan ketersediaan bahan pangan pokok penyebab inflasi di Kabupaten Soppeng,” kata Ir Andi Fajar.

Sementara Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak mengatakan bahwa selain inflasi, ancaman krisis pangan juga sudah didepan mata, salah satu penyebab adalah bahan baku pupuk yang harus diimpor dan terkendala karena ada perang di Ukraina. Tentu ini berpotensi menghambat produksi pangan dari sektor pertanian.

“Saya minta kepada semua jangan sampai bibit ini di terima dan tidak tanam. Saya tidak mengancam tapi ini merupakan masalah krisis dan persoalan bangsa. Jadi mari kita menjaga agar program ini bisa sukses dan menjadi benteng pertahanan krisis ini,” katanya.

Lanjuta mantan Ketua DPRD Soppeng dua periode ini, bahwa ungkapan dalam bahasa Bugis mengatakan “Lebbiren mate maddarah daripada mate teng mandre (Lebih baik mati berdarah daripada mati kelaparan,-red). Sehingga perlu kewaspadaan dari saat ini.

Untuk itu, dia berharap Kapolres Soppeng, Dandim 1423 Soppeng, Ketua Kajari dan semua pihak agar yang membantu mengarahkan bawahannya untuk mengawasi penerima bantuan di lapangan.

Sekedar diketahui, Varietas Cabe Tampaning ini sangat menjanjikan dari varietas lainnya, cabe ini sangat tahan jika perawatannya bagus dan masa panennya bisa hingga berkali-kali. [Ikhlas/Yudha]

Komentar

Tampilkan

  • Hadapi Ancaman Krisis Pangan, Soppeng Launcing Gerakan Tanam Pangan
  • 0

Terkini

Iklan