ads

21 June, 2019

Update pemahaman Program JKN, BPJS Kesehatan Bone Laksanakan BPJS Kesehatan Mengajar

 Update pemahaman Program JKN, BPJS Kesehatan Bone Laksanakan BPJS Kesehatan Mengajar
banner 336x280

RAKYATSATU.COM
, BONE – Dalam rangka menyambut HUT BPJS Kesehatan Ke-51 tahun, untuk mengoptimalkan pengetahuan dan pemahaman petugas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terhadap regulasi JKN maka diperlukan kegiatan yang dapat mendorong FKTP dan peserta Prolanis untuk merefresh dan mengupdate pengetahuan.

Sehingga diperoleh pemahaman yang baik tentang program JKN dan dapat memberikan transfer knowledge kepada rekan kerja di FKTP dan peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). 

Kegiatan tersebut diselenggarakan juga oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone pada hari Kamis (20/06) yang dihadiri para perwakilan jajaran dari pemberi pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan peserta dari kelompok prolanis FKTP.

Adapun materi yang diberikan bagi FKTP diantaranya adalah mengenai hak dan kewajiban sebagai FKTP, manfaat dan prosedur JKN bagi Peserta, pemberian informasi dan penanganan keluhan, teknis klaim dan pembayaran, serta pencegahan kecurangan.

Sedangkan materi yang diberikan terhadap peserta adalah mengenai hak dan kewajiban sebagai peserta, manfaat dan prosedur JKN bagi peserta, pola dan perilaku hidup sehat terkait penyakit Diabetes MelitusTipe 2 dan Hipertensi, hal penting bagi peserta Prolanis, serta hubungan interpersonal antar peserta, FKTP, dan BPJS Kesehatan.

“Melalui kegiatan BPJS Kesehatan Mengajar, kami tercerahkan karena kami dapat mengetahui, sehingga kami juga mampu menginformasikan serta menerapkan aturan. Ini sangat penting diketahui oleh FKTP dan berguna juga bagi masyarakat luas utamanya peserta JKN yang berada di wilayah UPT Puskesmas Biru itu sendiri," ungkap Fadiel Syahrullah salah satu tenaga kesehatan di UPT Puskesmas Biru Kabupaten Bone.

“Bagi saya selaku Duta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone sendiri merasakan bahwa kegiatan BPJS Kesehatan Mengajar sangat positif, kami bisa sharing knowledge dengan rekan-rekan petugas FKTP. Juga bisa mengaktualisasikan potensi diri sebagai staf," lanjutnya.

Pada kegiatan tersebut, peserta antusias menerima materi. Kegiatan diawali dengan Pre-test untuk mengetahui gambaran awal pengetahuan peserta seputarJKN dan BPJS Kesehatan kemudian dilanjutkan pemaparan materi BPJS Kesehatan Mengajar dan selanjutnya sesi diskusi atau tanyajawab dan terakhir dilakukan Posttest untuk mengetahui efektivitas penyampaian materi.

"Pre-test dan Post-test dilakukan secara online menggunakan smartphone masing-masing peserta,“ tutur Ulfa Chaerany Padjrah, Verifikator penjaminan manfaat primer selaku pemateri pada kegiatan tersebut menutup perbincangan. (Rasul)
Don't Miss

News Feed