ads

24 March, 2019

Satgas TMMD 104 Kodim 1407/Bone Tanamkan Jiwa Patriotisme Pada Murid SD

Satgas TMMD 104 Kodim 1407/Bone Tanamkan Jiwa Patriotisme Pada Murid SD
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Mencerdaskan bangsa adalah sebuah amanat dari Pancasila. Sebagai seorang prajurit yang bertugas di satuan teritorial, dituntut untuk menjadi serba bisa di masyarakat, sebagai pribadi yang bisa menjadi panutan. Seorang prajurit menunjukkan hal itu. Ia telah memberikan kontribusinya dalam upaya mencerdaskan bangsa, memperkaya ilmu pengetahuan generasi muda.

Sersan Mayor (Serma) Gomer Sastro dan Sersan Dua (Serda) Febri Eko, anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104, membantu guru SD 99 Lallatang yang siswanya tergabung dalam  Kepramukaan, dengan memberikan pelajaran tentang pengetahuan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air serta Dasar Negara yaitu Pancasila, Minggu (24/03/2019).

Ia menggunakan pola mendongeng atau telling story dalam mengajar. Metode ini terbukti efektif membangun semangat, pola pikir, serta kedekatan emosional antara siswa dengannya.

”Pola mendongeng saya terapkan, mengingat para murid Sekolah Dasar masih anak-anak, butuh sesuatu yang baru seperti bermain dan bercerita, sehingga mereka cepat menangkap apa yang akan disampaikan,” terangnya.

Serma Gomer Sastro dan Serda Febry Eko dalam kesehariannya sebagai Babinsa Koramil 1407-02/Dua Boccoe dan tergabung dalam Satgas di TMMD ke-104 wilayah Kodim 1407/Bone karena sasaran TMMD berada diwilayah binaannya, ditugaskan membantu dan berkordinasi dengan pemerintah setempat demi kelancaran TMMD tersebut. Namun disela-sela waktu yang ada, ia terpanggil untuk mengajar anak-anak SD yang sedang melaksanakan kepramukaan di sekolah.

Dalam kegiatan itu, para murid terlihat begitu antusias mengikuti pelajaran yang diberikan Serma Gomer Sastro. Selain wawasan kebangsaan, juga diberikan materi Pancasila dan lagu-lagu kebangsaan, yang diselingi dengan permainan edukatif.

”Pelajaran yang saya berikan kepada 30 anak tersebut juga sesuai dengan kemampuan mereka yang masih duduk di bangku SD, seperti ilmu-ilmu dasar Pancasila dan lagu-lagu kebangsaan,” katanya.

Komandan Satgas TMMD Ke-104 Letkol Inf Mustamin menuturkan bahwa personel Satgas TMMD selain melaksanakan pembangunan sasaran fisik  juga melaksanakan penyuluhan dan pembekalan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, serta ilmu yang bermanfaat, dimana pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Pihak SD 99 Lallatang menyampaikan terima kasih kepada Satgas TMMD karena program pembangunan, baik fisik dan non fisik benar-benar membantu masyarakat, termasuk dalam hal pendidikan. Metode yang diberikan personel Satgas TMMD, menurutnya, memberikan suasana baru bagi siswanya. (Rasul)

Don't Miss

News Feed