Iklan

Iklan

Buka Musrenbang RKPD 2020, Ini Harapan Wabup Sinjai

28 Maret 2019, 3:27 PM WIB Last Updated 2019-03-28T07:27:54Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, SP.,M. SP membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sinjai Tahun 2019 tentang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sinjai Tahun 2020 berlansung di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang, Kamis, (28/03/2019).

Kepala Bappeda Kabupaten Sinjai, Drs.Ilham Abu Bakar, MH dalam laporannya, mengatakan bahwa maksud dari pelaksanaan Musrembang ini adalah untuk penyelarasan prioritas dan sasaran pembangunan, klarifikasi usulan kegiatan yang disampaikan masyarakat, penyepakatan prioritas, sasaran, indikator, target kinerja, lokasi, kelompok sasaran, dan pagu indikatif program/kegiatan.

"Adapun tujuannya yaitu tersusunnya dokumen Rancangan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai Tahun 2020," kata Ilham Abu Bakar.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang hari ini merupakan rangkaian dari tahapan Penyusunan RKPD Tahun 2020 yang telah diawali dengan penyelenggaraan Musrembang tingkat Desa/Kelurahan, dan musrenbang tingkat Kecamatan.

Dalam tahapan tersebut Pemerintah Daerah telah menginventarisir berbagai usulan dan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat yang selanjutnya akan dipertemukan dengan program dan kegiatan yang telah dirumuskan.

Selain itu, Wakil Bupati Sinjai juga menyampaikan gambaran mengenai RPJMD Kabupaten Sinjai Tahun 2019-2023.

Adapun Visi Misi yang dirumuskan dalam RPJMD adalah “Terwujudnya Masyarakat Sinjai Yang Mandiri, Berkeadilan Dan Religius Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dan Berdaya Saing”.

Dengan misi meliputi, Penguatan Infrastruktur di bidang pembangunan daerah, pengembangan kualitas sumber daya manusia dengan upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat di sektor pendidikan dan sektor kesehatan.

“Tentunya kita semua berharap bahwa Musrenbang hari ini akan mencapai sasaran yang diharapkan dengan melahirkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai Tahun 2020 yang selaras dengan perencanaan di tingkat Provinsi maupun pusat, dan tentunya mampu mengantarkan masyarakat Sinjai menjadi masyarakat yang sejahtera dan Sinjai sebagai daerah yang maju,” Harapnya.

Acara Pembukaan Musrembang ditandai dengan penyerahan usulan kegiatan ke tingkat Provinsi yang diserahkan oleh Wakil Bupati Sinjai kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Fitriani, M.P yang mewakili Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yang dibacakan oleh Ir. H. Fitriani, M.P, menyampaikan  bahwa pelaksanaan Musrenbang dalam hal penyampaian RKPD Tahun 2019 ini merupakan salah satu agenda prioritas nasional dan terkait dengan proses perencanaan pembangunan daerah di seluruh indonesia.

Hal ini merupakan upaya untuk mendukung pencapaian salah satu nawa cita, yaitu membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan. Iya mengharapkan penyampaian RKPD nantinya berdampak positif bagi daerah dan sumber daya manusianya di berbagai bidang maupun sektor.

Fitriani mengungkapkan kekagumannya terhadap Kabupaten Sinjai yang merupakan daerah 3 dimensi.

“Kabupaten Sinjai merupakan salah satu daerah yang memiliki hasil produksi pertanian dan perkebunan yang produktif, terutama di sektor pertanian Bawang Putih," katanya.

Bahkan Kadis Ketahan pangan Pemerintah Provinsi tersebut, akan berusaha memfasilitasi agar Sinjai kelak bisa menjadi salah satu sentra penghasil bawang putih di Sulawesi Selatan, "tidak hanya untuk di dalam daerah, melainkan juga untuk diekspor ke luar negeri," pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala bidang Perencanaan Makro Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan, Ishak Amin Rusli, ST, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Drs.Akbar, M.Si, Para Staf Ahli Sekretariat Daerah Kabupaten Sinjai, Para Kepala Perangkat Daerah, Kabupaten Sinjai, serta Para Camat Dan Lurah se-Kabupaten Sinjai. (Ian/Hums)
Komentar

Tampilkan

  • Buka Musrenbang RKPD 2020, Ini Harapan Wabup Sinjai
  • 0

Terkini

Iklan