ads

27 March, 2019

Begini Upaya Kodam XIV Hasanuddin Tingkatkan Kesiapan Prajurit dan Satuan Dalam Hadapi Pemilu 2019

Begini Upaya Kodam XIV Hasanuddin Tingkatkan Kesiapan Prajurit dan Satuan Dalam Hadapi Pemilu 2019
banner 336x280
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, MAKASSAR - Guna meningkatkan kesiapan prajurit dan satuan dalam menghadapi Pemilu 2019, Kodam XIV/Hasanuddin bersama Polda Sulsel menggelar kegiatan latihan Tactical Floor Game (TFG), yang berlangsung di Balai Manunggal M. Yusuf Makassar, Selasa (26/03/2019) kemarin.

Kapolres Bone, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, yang juga mengikuti kegiatan tersebut, saat dihubungi di sela-sela Kontes Ternak Kabupaten Bone, di Terminal Petta Ponggawae Palakka, Rabu (27/03/2019) mengakui adanya kegiatan tersebut.

"Latihan TFG yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan prajurit dan satuan dalam menghadapi Pemilu 2019 tersebut, diikuti oleh para staf Ahli Pangdam, Asisten Kasdam, Dansat/Kabalakdam dan para Komandan Kodim (Dandim) serta Kapolres di wilayah Sulawesi Selatan," ujar AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, Rabu (27/03/2019).

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, saat membuka latihan TFG yang juga dihadiri Kasdam Brigjen TNI Budi Suliatijono, Kasdiv-3/Kostrad Brigjen TNI Dwi Darmadi dan Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Drs. Adnas dan Danrem 141/ Tp kolonel inf Suwarno, menyampaikan, terkait tugas perbantuan, integrasi atau sinkronisasi, keterpaduan, dan sistem komando kendali, yang merupakan bagian dari kunci sukses pelaksanaannya.

Pangdam XIV Hasanuddin berharap melalui latihan TFG pengamanan Pemilu anggota Legislatif dan Presiden 2019, seluruh aturan pelibatan, sistem kendali dan interoperability TNI-Polri dapat dilatihkan dan diuji tahapan-tahapannya, guna menghadapi berbagai kemungkinan situasi maupun kontinjensi.

"Tak kalah penting dalam latihan, yakni terciptanya kesamaan visi-misi serta semakin meningkatnya soliditas dan sinergitas para unsur pimpinan TNI-Polri. Sehingga semakin terbiasa dan mudah dalam melakukan koordinasi maupun sinkronisasi dalam setiap pelaksanaan tugas", ujar Pangdam XIV Hasanuddin.

Selain itu, dirinya juga menyebutkan bahwa kesiapan dan kesiagaan TNI-Polri menghadapi Pesta Demokrasi 2019 akan semakin baik, serta dapat diminimalisir kemungkinan resiko dalam pelaksanaan tugas akibat "miss comunication" atau perbedaan-perbedaan pandangan antar aparat yang dapat mempengaruhi atau menggagalkan pelaksanaan tugas.

"Kesiapan keamanan merupakan salah salah faktor dominan untuk mensukseskan pesta demokrasi. Sehingga diperlukan pelibatan seluruh komponen bangsa termasuk TNI dalam tugas perbantuan kepada Polri, untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi Pemilu 2019", tutup Pangdam.

Latihan TFG satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin, tidak hanya digelar di wilayah Makassar atau Korem 141/Todopuli, namun juga digelar di wilayah Korem 142/Tatag di Sulbar dan Korem 143/Haluoleo di Sultra.  (Rasul)
Don't Miss

News Feed