ads

21 February, 2019

Dandim 1407/Bone : TMMD Bukan Hanya Kontribusi TNI Terhadap Rakyat Tetapi Ada Pesan Moral Didalamnya

Dandim 1407/Bone : TMMD Bukan Hanya Kontribusi TNI Terhadap Rakyat Tetapi Ada Pesan Moral Didalamnya
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bukan semata-mata memperlihatkan kinerja TNI tetapi ada hikmah dan nilai-nilai yang sarat akan pesan moral yang terkandung didalamnya, khususnya kedekatan, sinergitas dan kebersamaan antara TNI dan rakyat.

"TMMD bukan hanya unjuk kekuatan dan keahlian TNI atau Satgas TMMD di lokasi tetapi lebih kepada bagaimana pendekatan kita kepada warga sehingga terjalin suatu ikatan yang sarat akan pesan moral yang membuat TNI selalu dekat dengan rakyat karena rakyat ibu kandung TNI," tegas Dandim 1407/Bone, Letkol Inf Mustamin, Kamis (21/02/2019).

Olehnya itu, Letkol Inf Mustamin yang juga Dansatgas TMMD ke 104 Ta 2019 Kodim 1407/Bone, selalu mengingatkan dan menghimbau kepada personel Satgas TMMD agar menjaga kebersamaan, membina jalinan silaturahim dengan warga serta selalu melakukan pendekatan empati.

"Dengan demikian maka segala sesuatu yang kita kerjakan dan laksanakan akan terasa ringan karena saya yakin dan percaya, rakyat akan turut serta membantu dengan ras suka, rela dan ikhlas," ujarnya.

Hal itu terbukti pada pelaksanaan Pra TMMD ke 104 Ta 2019 Kodim 1407/Bone yang saat ini sedang berlangsung di Desa Lallatang dan Desa Pannyili Kecamatan Dua Boccoe serta Desa Laponrong Kecamatan Amali.

Program TMMD ke-104 tahun 2019 Kodim 1407/Bone di ketiga desa tersebut bukan saja tentang kontribusi TNI dan warga di dalam membangun infrastruktur jalan untuk kemajuan Desa.

Namun dibalik itu, ada nilai kebersamaan antara TNI dan warga, ada jalinan silaturahmi yang memperkuat keberadaan TNI yang tak bisa dipisahkan dengan rakyat.

"Di situlah pesan moralnya muncul, sehingga suatu saat para rakyat akan merasa ada yang hilang apabila kita tidak ada lagi di lokasi. Tetapi jangan hanya karena adanya kegiatan TMMD kita selalu berada diantara mereka, TNI harus selalu ada untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat," tegasnya.

"Kebersamaan TNI di lokasi TMMD bersama warga merupakan simbol kemanunggal TNI dengan rakyat dan TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat karena inti kekuatan pertahanan NKRI terletak pada kemanunggalan TNI dengan rakyat," tegasnya lagi.

Dari pantauan Rakyatsatu.com di lokasi TMMD ke 104 Ta 2019 Kodim 1407/Bone, terlihat anggota Kodim 1407/Bone khususnya personel Satgas TMMD dan warga Desa Lallatang selalu bekerja bersama dalam menyelesaikan pembangunan jalan untuk melancarkan perputaran roda perekonomian agar dapat terwujud masyarakat sejahtera dan makmur.

Kebersamaan TNI dengan masyarakat bekerja begotong royong merupakan cermin kemanunggalan TNI dengan rakyat di lokasi TMMD.

Hujan kehujanan, panas kepanasan bahkan hari liburpun tetap melanjutkan pekerjaannya untuk menyelesaikan pencapaian target yang sudah direncanakan salah satunya Pekerjaan talud terus digenjot.

Walaupun demikian anggota Kodim 1407/Bone bersama warga setempat tetap semangat dan optimis bekerja demi kemajuan pembangunan desa yang tertinggal.

Masyarakat yang membantu TNI bekerja menyelesaikan talud dengan memasang mal, mengaduk campuran semen, mengangkut air dengan menggunakan dompeng, bahkan ada yang mengangkat batu untuk pemasangan pondasi.

Saling bersinergi bahu membahu menciptakan kekompakan dan menumbuhkan persatuan yang kokoh. Itulah bagian dari implementasi kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Basri, salah seorang warga mengakui bahwa kehadiran Satgas TMMD di desanya memberi banyak nilai positif karena kehadiran TNI Satgas TMMD tak hanya menghadirkan kenangan baru di Kecamatan Dua Boccoe dan Amali, khususnya di Desa Lallatang, Panyili dan Desa Laponrong, banyak meninggalkan pesan moral tak ternilai yakni semangat kerja keras, gotong-royong, kebersamaan dan solidaritas serta sinergitas.

“Tidak terbayangkan sebelumnya. Ternyata pekerjaan yang besar dan seberat apapun bisa diselesaikan dengan gotong-royong,” ujar Basri.

Bahkan dirinya bersama warga lainnya yang selama ini sering menjauh dari personel TNI karena mereka menganggap korps berbaju loreng tersebut adalah angker dan kasar, kini semua anggapan tersebut sirna dan bahkan para warga menyatu dalam kebersamaan dan sinergitas dengan para Satgas TMMD ke 104 Ta 2019 Kodim 1407/Bone.  (Rasul)
Don't Miss

News Feed