Satlantas Polres Sidrap Ajak All Bikers Jadi Pelopor Keselamatan di Jalan
Cari Berita

Advertisement

Advertisement

Satlantas Polres Sidrap Ajak All Bikers Jadi Pelopor Keselamatan di Jalan

12 January, 2019

Kasat Lantas AKP Mustari Alam, SSos saat mengumpulkan komunitas All Bikers se-kabupaten Sidrap 


RAKYATSATU.COM, SIDRAP - Membina komunitas biker tidak hanya dengan cara penindakan, namun dengan mengajak menjadi bagian diri sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas meupakan pembinaan yang sangat menyentuh.

Seperti yang tengah digiatkan jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sidrap dalam memberikan wawasan tertib berlalulintas.

Dengan mengambil tema Komunitas Sepeda Motor Menuju Biker Millenial, Satlantas Polres Sidrap mengundang 20 member dari komunitas All Bikers se-kabupaten Sidrap di Warkop Andju Sweetnes, Pangkajene, Sabtu (12/01/2019).

Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono melalui Kasat Lantas AKP Mustari Alam, SSos dalam pencerahannya mengawali perkenalan dirinya sebagai pejabat baru.

Selain itu, Sosialisasi tersebut bertajuk mempererat tali silaturahim, serta mengajak komunitas motor untuk mentaati aturan rambu-rambu lalulintas demi keselamatan berkendara baik personnya maupun pengguna jalan lainnya.

"Kegiatan ini merupakan upaya kita membangun komitmen bersama untuk membudayakan tertib lantas,"jelas Kasat Lantas Polres Sidrap AKP Mustari Alam yang ditemui usai kegiatannya.

Ia juga berharap, sosialisasi ini juga merupakan tahapan untuk memahamkan budaya tertib lantas serta upaya prefentif bagi pelanggar sehingga komunitas bikers dapat menjadi cerminan masyarakat untuk tertib sebagai pengguna jalan raya.

"Satlantas Polres Sidrap telah mensosialisasikan budaya tertib lantas ke sejumlah elemen masyarakat utamanya kaum pelajar, kita berharap komunitas bikers dapat menjadi cerminan di masyarakat " jelas Mustari.

Ditempat yang sama, Kanit Lakalantas IPDA H. Alwi menambahkan, pertemuan seperti ini akan terus berkesinambungan pada momen-momen berikutnya.

Sebagai referensi awal, pihaknya akan menjadwalkan kembali untuk mengumpulkan para komunitas biker  mendeklarasikan komitmen budaya tertib lantas.

Komitmen tertib lantas itu sendiri berisi tentang himbauan penindakan pelanggaran khususnya kepada pengemudi yang belum cukup umur, balap liar dan pengguna kendaraan berknalpot racing akan diberikan sanksi berupa penyitaan kendaraan selama satu bulan.

Para komunitas bikers ini juga berkomitmen akan kesadaran mentaati peraturan lalu lintas serta menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas serta berperan aktif dalam mendukung terselanggaranya program pemerintah tentang rencana umum keselamatan lalu lintas.

"Kami tidak pernah memiliki niat menyakiti masyarakat, namun tindakan kami ini merupakan amanah untuk kelancaran dan mencegah kecelakaan lalu lintas. Ini juga merupakan bagian Satgas Nusantara Polri dalam misi Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya)," jelasnya. (Ady)