ads

12 January, 2019

Ini Cara Alami Atasi Sakit Kepala dengan Mudah tanpa Obat

Ini Cara Alami Atasi Sakit Kepala dengan Mudah tanpa Obat
banner 336x280
banner 336x280
Cara Atasi sakit kepala  Foto: drweil.com

SAKIT kepala bisa muncul karena berbagai macam faktor, baik sebagai tanda penyakit lain hingga akibat dari kondisi lingkungan sekitar. Namun, sebagian besar ahli medis menyatakan banyak kasus sakit kepala yang belum dapat dipastikan faktor penyebabnya.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, sekitar 90 persen sakit kepala tidak diketahui penyebabnya. Namun biasanya sakit kepala dicetuskan oleh beberapa kondisi, seperti kurang tidur, kelelahan, stres, konsumsi makanan tertentu, dan masih banyak lagi.

Sebagai individu yang memiliki segudang aktivitas, tentu sakit kepala akan sangat mengganggu. Nah, untuk mengatasinya, berikut ini adalah langkah mudah yang dilansir dari Reader’s Digest yang bisa Anda coba di rumah.

1. Merendam kaki

Hubungan kaki dan kepala secara posisi memang jelas jauh. Namun uniknya, salah satu saran medis yang patut untuk Anda terapkan sebagai pengusir sakit kepala adalah dengan merendam kaki menggunakan air hangat! Bagaimana bisa demikian?

Faktanya, darah yang ditarik menuju tubuh bagian bawah akan mengurangi tekanan di pembuluh darah kepala, sehingga merendam kaki dalam bak kecil berisi air hangat cukup efektif untuk meredakan sakit kepala. Setelah 30 menit kaki direndam, angkat kaki dan lap hingga kering.


2. Pijat di area wajah

Gunakan jari tengah Anda untuk memijat titik-titik wajah tepat di seberang lubang hidung. Pijat dengan lingkaran searah jarum jam selama dua atau tiga menit untuk membantu meredakan sakit kepala Anda.



3. Kompres kepala

Bagi Anda yang hendak menyembuhkan sakit kepala akibat kontraksi otot, stres, cemas atau kurang tidur, celupkan kain waslap ke dalam air panas, peras, lalu lipat dan letakkan di dahi atau bagian belakang leher untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.

Sementara itu, untuk meringankan sakit kepala vaskular seperti migrain, sakit kepala kluster, atau rasa nyeri yang berkaitan dengan pembuluh darah di area tertentu pada kepala, Anda bisa menggunakan es.

Suhu dingin menyempitkan pembuluh darah, mengurangi aliran darah, sehingga dapat menghilangkan tekanan dan memberikan bantuan pada kepala yang sakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 55 pasien migrain menemukan bahwa 77 persen dari mereka yang menaruh kompres es di leher langsung merasa lega, sehingga menjadikan metode ini sebagai salah satu solusi alami yang efektif.
Langkah pertama adalah mencari ruang yang tenang untuk duduk atau berbaring. Tarik napas selama lima detik, lalu buang napas lagi selama lima detik. Ulangi seperlunya, perhatikan bagaimana tubuh Anda rileks saat pernapasan diatur menjadi lebih lambat dan berirama.

4. Mengatur tarikan napas

Sakit kepala yang disebabkan oleh stres, bisa diredam dengan menerapkan teknik pernapasan khusus. Tak perlu peralatan banyak, cara ini disebut sebagai cara termudah dan sederhana untuk menuntaskan rasa sakit kepala.

5. Konsumsi minuman pereda sakit kepala

Ada banyak minuman yang disebut dapat meredakan sakit kepala, salah satunya adalah kopi. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan kafein dalam kopi, mampu mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang berakibat pada sakit kepala.

“Sakit kepala timbul akibat proses pelebaran pembuluh darah di area kepala. Kafein justru mengandung senyawa yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah, yang pada akhirnya dapat meredakan sakit kepala,” tutur dr. Andika.

Adapun minuman lain yang mengandung kafein adalah teh, meski tidak sekuat kopi. Meski kafein memang dapat meredakan sakit kepala, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter bila sebelumnya tidak terbiasa mengonsumsi kafein.

Jadi, meredakan sakit kepala yang mengganggu ternyata mudah. Anda dapat mencoba beragam cara di atas untuk mengatasinya. Namun, bila sakit kepala yang menyerang tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang lebih tepat. (**)

Don't Miss

News Feed