ads

25 January, 2019

Lakukan Pendampingan Upsus, Babinsa Koramil 01 Suppa Ikut Gotong-royong Tanam Padi

Lakukan Pendampingan Upsus, Babinsa Koramil 01 Suppa Ikut Gotong-royong Tanam Padi
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, PINRANG - Untuk mendukung program swasembada pangan nasional, khususnya di Desa Maritengngae, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Babinsa Koramil-01 Kodim 1404/Pinrang Sertu Syamsuddin melaksanakan kegiatan pendampingan upsus penanaman padi di lahan milik H Makmur ketua kelompok tani tunas harapan, Jumat (25/01/2019) bersama warga setempat.

Dalam kegiatan tersebut Sertu Samsuddin mengarahkan petani agar penanaman padi dilakukan secara bergotong-royong dengan sistem tanam benih langsung agar nantinya panen yang dihasilkan sesuai yang diharapkan.

“Saya sebagai Babinsa selalu menggalakkan kegiatan penanaman tanaman dilakukan secara bergotong-royong agar lahan cepat selesai ditanami secara baik dan maksimal, karena dengan bergotong-royong pekerjaan akan terasa lebih ringan," ujar Sertu Samsuddin.

"Selain itu gotong royong mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama, selain itu dalam gotong royong melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi permasalahan yang muncul," lanjut Sertu Samsuddin.

Ketua kelompok tani tunas harapan H. Makmur mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa yang telah membantu kegiatan penanaman padi di lahan miliknya. 

“Saya sangat senang dengan kehadiran Babinsa di desa kami yang selalu membantu para petani dengan tulus mulai dari awal pengolahan sampai dengan panen, kehadiran Babinsa sangat kami rasakan manfaatnya dan kami para petani semakin bersemangat bekerja dengan adanya Babinsa yang selalu mendampingi kami," kata H. Makmur.

Sementara itu, secara terpisah Danramil 1404-01 Kapten Inf Kaharuddin mengatakan bahwa peran Babinsa sangat penting, karena merupakan ujung tombak satuan teritorial di pedesaan. Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan di suatu desa dengan langsung mendampingi para petani di persawahan.

"Diharapkan dengan turunnya Babinsa langsung ke sawah sebagai pendamping di wilayah binaanya masing-masing dapat meningkatkan hasil panen. Termasuk dapat memberi motivasi kepada para petani, sehingga para petani dapat mengolah lahan pertaniannya dengan maksimal, dan hasil panen yang diperoleh nantinya dapat meningkat," pungkas Kapten Kaharuddin. (Rasul)
Don't Miss

News Feed