ads

29 January, 2019

Ini Harapan dan Ucapan Selamat Wakil Ketua DPRD Bone Terhadap Pelaksanaan Musrembang

Ini Harapan dan Ucapan Selamat Wakil Ketua DPRD Bone Terhadap Pelaksanaan Musrembang
banner 336x280

RAKYATSATU.COM, BONE - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) yang saat ini tengah berlangsung di Kabupaten Bone, mendapat perhatian tersendiri bagi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bone, Hj A Syamsidar.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bone dari Fraksi Gerindra ini memiliki harapan tersendiri terhadap pelaksanaan Musrembang, baik dari tingkat desa/kelurahan hingga kecamatan sampai dibahas di tingkat kabupaten. Harapan tersebut diungkapkannya ke Rakyatsatu.com, pada hari Selasa (29/01/2019).

Wanita cantik ini yang kembali bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 ini untuk Calon Legislatif (Caleg) di Daerah Pemilihan (Dapil) Satu (1) Kabupaten Bone, mengemukakan, agar pelaksanaan Musrembang tidak berlalu begitu saja dan hanya suatu seremoni.

Namun, itu betul-betul menjadi skala prioritas untuk dijadikan rencana program kerja pemerintah karena usul di Musrembang adalah murni usulan dari bawah/rakyat (bottom-up).

"Hasil dari Musrembang harus mendapat perhatian serius dalam menyusun program kerja karena itu murni usulan rakyat, janganlah Musrembang itu berlalu dan terkesan hanya seremoni belaka," tegas Hj A Syamsidar.

Ia menjelaskan, Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya.

Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

Tambahnya lagi, Musrenbang dimaksudkan sebagai forum musyawarah perencanaan pembangunan yang mengakomodasi peran-peran segenap komponen masyarakat, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.

Sedangkan yang menjadi tujuannya adalah membahas, menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan Renja SKPD/ Rencana Kerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang telah dikomplikasi dengan hasil musrenbang tingkat sebelumnya, menghasilkan konsesus, komitmen, kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah dengan pelaku pembangunan, mewujudkan kualitas perencanaan perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat, memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal.

Penetapan arah kebijakkan prioritas pembangunan pagu indikatif pendanaan SKPD, rancangan alokasi dana desa, serta informasi mengenai kegiatan yang pendanaan berasal dari APBD, APBN, dan sumber pendanaan lainnya, serta terwujudnya Rancangan Rencana Kerja Pemerintah yang akan menjadi rujukan utama penyusunan RAPB.

"Biasanya Musrembang Desa/Kelurahan dilaksanakan pada bulan Januari setiap tahunnya. Saya mengucapkan, Selamat Pelaksanaan Musrembang dan Semoga Hasil/Keputusan dari Musrembang sesuai harapan publik, khususnya rakyat," pungkasnya.  (Rasul)
Don't Miss

News Feed