Pemuda Toraja : Merdeka Itu Saat Kamu Bisa Berkarya Untuk Toraja

Pemuda Toraja : Merdeka Itu Saat Kamu Bisa Berkarya Untuk Toraja
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Berbicara kemerdekaan, tentunya memiliki makna yang berbeda-beda bagi setiap orang.

Sama halnya dengan salah satu putra daerah Toraja ini, yang memiliki makna yang sangat dalam mengenai kemerdekaan yang ditunjukkannya untuk diri sendiri dan bisa menjadi inspirasi bagi pemuda Toraja lainnya. 

Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus,  Asdem, yang merupakan sosok muda Toraja yang tidak pernah berhenti berkarya untuk mengasah kemampuannya.

Menurutnya, kemerdekaan itu mengenai apa yang sudah diberikan untuk Indonesia khususnya Toraja.

"Gak usah pusing mikirin, apakah kamu sudah merdeka apa belum, dan apa yang kamu dapatkan dari kemerdekaan tersebut. Namun, kemerdekaan mengenai apa yang telah kamu beri untuk Indonesia khususnya Toraja," kata Asdem. 

Asdem yang dikenal sebagai salah satu personel band Tindoki ini, ternyata memiliki bakat melukis, yang sudah ditekuninya sejak masuk universitas lalu, hingga kini. 

"Sebenarnya saya mulai suka gambar saat masih SD. Waktu masuk universitas (kuliah) baru fokus pakai cat minyak," ucap Asdem.

Terkenal indentik dengan kultur dan budaya Toraja, Asdem lebih sering mendapat orderan yang kental akan tema Toraja. 

Mengenai harganya, Asdem menyebut tergantung ukuran dan objeknya, seperti ukuran 50 cm x 60 cm, seharga 500ribu rupiah.


"Berkarya itu sebagai sebuah persembahan bahwa kamu telah merdeka dari keterpurukan dan keegoan diri, tentang aku sudah merdeka dan bebas mengembangkan talenta,"kunci Asdem. (Kris)





loading...
close
Rakyatsatu