Bersyukur Atas Limpahan Berkah, Masyarakat Limpomajang Menggelar Pesta Nelayan

Bersyukur Atas Limpahan Berkah, Masyarakat Limpomajang Menggelar Pesta Nelayan
RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Masyarakat pesisir danau tempe, kelurahan Limpongmajang, Kecamatan Marioriawa menggelar pesta nelayan (Maccera Tappareng) yang dirangkaikan lomba perahu, di Salo Mate'E, Minggu (12/8).

Nasir, selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan,  bahwa kegiatan Maccera Tappareng ini terlaksana atas kesepakatan dan musyawarah masyarakat kelurahan limpomajang. Selain itu, dalam acara ini, panitia juga mengadakan lomba balap perahu yang rencananya turut diikuti peserta dari kabupaten tetangga.

"Untuk tahunan ini, kami adakan  dua acara, selain  acara maccera tappareng, kami juga paksa lomba perahu, ujar Nasir

Dirinya menambahkan, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama semua pihak termasuk uluran dana dari pribadi Bupati soppeng dan dana  Dinas pariwisata Kabupaten Soppeng.

"Pesta adat ini merupakan kegiatan turun-temurun dari nenek moyang kita, yang bertujuan untuk
Mempererat silaturahim sesama nelayan dan menjalin persaudaraan dengan masyarakat lainnya dari luar kabupaten Soppeng,"tambahnya 

Sementara itu, Bupati soppeng HA Kaswadi Razak saat membuka acara Maccera Tappareng menyampaikan, rasa syukur atas terlaksananya acara tahunan ini.

"Acara ini merupakan suatu budaya yang patut dipertahankan yang merupakan Rasa syukur atas limpahan rahmat Allah," ungkapnya

Mantan ketua DPRD dua periode ini menambahkan,  bahwa kesuksesan para nelayan dalam satu tahun ini menangkap ikan disyukuri dengan melaksanakan kegiatan ini.

"Walaupun pendapatan ikan menurun saat ini bukan berarti akan berkelanjutan selamanya tetapi merupakan ujian yang akan memberikan kebaikan yang lebih banyak ke depan insya Allah."ujarnya

"Acara ini adalah acara bersama, untuk itu jagalah ketertiban, persatuan, dan  kesatuan sesama peserta sehingga tercipta suasana yang lebih kooperatif dan sukses," sambung Kaswadi 


Dalam acara tersebut, turut dihadiri para perwakilan anggota Forkopimda Soppeng, plt. Camat Marioriawa, Kapolsek Marioriawa, dan ribuan masyarakat Soppeng. (Widya)
loading...
close
Rakyatsatu