Iklan

Iklan

Pengurus APSI Maros Gelar Sosialisasi Kinerja Kepala Sekolah

16 Mei 2024, 5:15 PM WIB Last Updated 2024-05-16T18:18:36Z

Foto bersama pengurus APSI Maros dalam kegiatan sosialisasi/ Foto : Arul

RAKYATSATU.COM, MAROS 
- Puluhan pengawas yang tergabung dalam Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) mengikuti sosialisasi Kinerja Kepala Sekolah yang dihadiri Ketua APSI Kabupaten Maros DR Jabaruddin Pasuloi, Koordinator Pengawas (Korwas) Burhanuddin, Ketua MKPS SMP Askari, Ketua KPPS SD H Mansur, Ketua KPPS TK Rahmatia dan Pengawas dari kementerian Agama Maros di Ballroom RM Nusantara, Jl Jenderal Sudirman, Maros, Kamis (16/05/2024). 


Koordinator pengawas kabupaten Maros Burhanuddin yang membuka sosialisasi mengatakan berharap agar semua pengawas yang tergabung pada APSI Maros ini dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Mengingat materi sosialisadi terkait tugas pengawas yang akan melakukan observasi di sekolah binaanya masing masing.


"Diharapkan agar semua pengawas yang ikut kegiatan ini dapat memahami dengan jelas tugas tugas yang akan dilakukan saat observasi disekolahnya masing masing.” harap Burhanuddin. 


Sementara itu, Hj Herty salah seorang pengawas TK usai mengikuti sosialisasi mengatakan, kegiatan APSI Kabupaten Maros selama ini banyak yang memberikan manfaat terkait tugas tugas kepangawasan di lapangan. 


Terpenting yang harus kita lakukan pada bulan ini adalah Observasi kinerja kepala sekolah. Sementara tehnis pelaksanaan observasi masih perlu pemahaman yang cukup mendalam agar teman teman kepala sekolah yang menjadi objek observasi bisa dilakukan penilai secara objektif tetkait hasil kinerjanya. 


"Sosialisasi observasi kinerja kepala sekolah yang digelar APSI Maros ini dangat membantu kami para pengawas dalam melakukan observasi di sekolah binaan kita masing masing.” ujar Hj Herty


Meski kata Herty masih banyak sistem yang ada dalam aplikasi belum dipahami secara utuh namun ketua APSI sebagai nara sumber akan melanjutkan sosialisasi ini dengan cara daring pada malam minggu yang akan datang. Hal Inj dilakukan agar semua pengawas yang tidak berkesempatan hadir pada kegiatan ini bisa juga mendapatkan pengetahuan terkait sosialisasi observasi kinerja kepala sekolah dengan cara daring.


"Saya berharap dengan kegiatan daring nantinya bisa menambah pengetahuan kami terkait obsetvasi kinerja kepala sekolah. Karena masih banyak sistem didalam Aplikasi tersebut belum tuntas kami Pahami dengan baik.” Kata Hj Herty


Sementara itu, ketua APSI Maros Dr Jabaruddin Pasuloi mengatakan sosialisasi Observasi kinerja kepala Sekolah yang digelar APSI selama sehari ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dengan jelas kepada teman teman pengawas. 


Pada sosilisasi ini kami hanya memberikan petunjuk cara mengisi aplikasi obsevasi kinerja kepala sekolah. Pelaksanaan Praktik ini didasarkan pada sub-indikator yang dipilih oleh Kepala Sekolah melalui Perencanaan Kinerja. 


Sub-indikator tersebut menjadi pedoman bagi Atasan saat melakukan pemantauan dan pembinaan di Satuan Pendidikan tempat para menjabat sebagai Kepala Sekolah. Keberhasilan Pelaksanaan Kinerja dinilai berdasarkan dari upaya yang dilakukan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.


"Kepala Sekolah dapat memulai Praktik Kinerja dengan mengikuti alur Praktik Kinerja, dimulai dari bagian pertama yaitu Pelaksanaan Observasi dan bagian kedua, yaitu Pelaksanaan Tindak Lanjut. “ kata Jabaruddin. [Ikhlas/Arul]


Komentar

Tampilkan

  • Pengurus APSI Maros Gelar Sosialisasi Kinerja Kepala Sekolah
  • 0

Terkini

Iklan