Iklan

Iklan

Kerjasama Bawaslu Maros, STAI DDI Gelar Kuliah Demokrasi

16 Mei 2024, 9:01 AM WIB Last Updated 2024-05-16T06:23:35Z

Foto bersama komisioner Bawaslu Maros dengan Mahasiswa STAI DDI/ Foto : Arul

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da'wah wal Irsyad (STAI DDI) mengadakan kuliah demokrasi di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maros, Rabu (15/5/2024).


Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran demokrasi di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. 


Dalam acara ini, puluhan mahasiswa program studi pendidikan agama Islam didampingi dosen membahas beragam aspek tentang demokrasi, termasuk hak-hak politik, proses pemilihan umum, peran pemilih, dan pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi.


Kegiatan ini melibatkan Ketua dan Anggota Bawaslu Maros yang memberikan wawasan tentang pengawasan pemilu dan peran masyarakat dalam mengawasi jalannya proses demokrasi. 


Saat kuliah, Ketua Bawaslu Maros, Sufirman menjelaskan berbagai kewenangan, tugas Bawaslu dan program-program Bawaslu seperti pengawasan partisipatif. 


"Bawaslu merupakan lembaga yang berperan untuk memberikan 'warning' dalam tahapan pemilu dan pemilihan dan akan menindak tegas ketika ada pelanggaran," tuturnya. 


Sementara itu, Kordinator Divisi Partipasi Masyarakat Bawaslu Maros, S. Mahmuddin menjelaskan, kegiatan ini bagian dari kepentingan Bawaslu untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang demokrasi kepada mahasiswa, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang berkontribusi dalam membangun demokrasi yang sehat dan berkualitas di Indonesia. 


"Berbagai input dan pengetahuan dalam kuliah ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa untuk aktif terlibat dalam proses demokrasi di tingkat lokal maupun nasional," ucapnya.


Para peserta kuliah juga berkesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber, sehingga tercipta suasana diskusi yang interaktif dan mendalam. 


Acara tersebut diakhiri dengan komitmen dari para mahasiswa untuk menyebarkan pemahaman tentang demokrasi kepada rekan-rekan mereka dan masyarakat luas sebagai upaya membangun kesadaran demokrasi yang lebih baik. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • Kerjasama Bawaslu Maros, STAI DDI Gelar Kuliah Demokrasi
  • 0

Terkini

Iklan