Iklan

Iklan

29 Pelajar Sinjai Ikuti Audisi Gita Bahana Nusantara

04 Mei 2023, 10:04 PM WIB Last Updated 2023-05-04T14:04:45Z

Doa bersama juri dan para peserta Audisi Gita Bahana Nusantara, di Aula Pertemuan Disparbud Sinjai, Kamis (4/5/2023) / Foto : Dok. Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI
- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai, Tamzil Binawan resmi membuka Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2023, Kamis, (4/5/2023) di Aula Pertemuan Disparbud Sinjai.



Ketua Panitia Pelaksana, Dewi Angraini menyampaikan bahwa audisi GBN tahun 2023 diikuti sebanyak 29 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Sinjai.



Peserta audisi ini kata Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata ini adalah


mereka yang telah mendaftar sebagai calon peserta dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.



Sementara itu, Kadisparbud Tamzil Binawan mengatakan GBN merupakan sebuah kegiatan pembentukan tim paduan suara dan orkestra yang terdiri dari generasi muda berbakat. Menurutnya, kegiatan ini menjadi sarana untuk mencari putra-putri yang berpotensi di bidang tarik suara. 



"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menggali potensi musikalitas anak-anak kita agar nantinya bisa dikirim mewakili Kabupaten Sinjai ditingkat Provinsi bahkan ditingkat Nasional, sehingga terlebih dahulu dilaksanakan audisi di tingkat Kabupaten," kata Tamzil.



Dari 29 peserta audisi, akan dipilih empat orang berdasarkan jenis suara sopran, alto, tenor dan bass. 


Audisi ini diharapkan mampu memberikan nilai-nilai positif bagi generasi muda dalam menumbuhkan semangat kebangsaan dan kejuangan yang tinggi melalui pewarisan dan internalisasi nilai-nilai budaya bangsa.



"Audisi ini kita usahakan selesai hari ini, nantinya peserta yang lolos empat besar sebelum nama-namanya dikirim kita akan kembali latih terlebih dahulu agar pada saat audisi di tingkat Provinsi bisa meraih prestasi yang lebih bagus," ungkapnya.



Pada audisi ini, Disparbud Sinjai menghadirkan tiga orang penilai diantaranya, Sulastri, Haerullah Yusuf, dan Hidayat Gunawan.



Sebagai informasi bahwa, peserta lulus audisi tingkat Kabupaten Sinjai akan di undang ke Makassar untuk mengikuti Audisi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara ini terdiri dari 136 orang vokalis dan 70 orang pemusik terbaik hasil audisi dari 34 provinsi di Indonesia.



Mereka nantinya bakal tampil di Istana Negara Jakarta pada peringatan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023. Selain itu, Gita 


Bahana Nusantara 2023 ini juga akan tampil pada pidato kenegaraan Presiden RI di Gedung DPR/MPR seta konser Kemerdekaan di ruang publik. [Ikhlas/Sudirman]

Komentar

Tampilkan

  • 29 Pelajar Sinjai Ikuti Audisi Gita Bahana Nusantara
  • 0

Terkini

Iklan