-->

Iklan

Iklan

Begini Cara Babinsa Koramil 14-1407 Libureng Tingkatkan Kesejahteraan Peternak Sapi

01/09/20, 08:57 WIB Last Updated 2020-09-01T00:57:52Z
RAKYATSATU.COM, BONE
- Babinsa Koramil 14-1407/Libureng Kelurahan Ceppaga Kecamatan Libureng Kabupaten Bone, Kopda Abdul Azis melakukan lnseminasi buatan pada ternak sapi atau yang sering dikenal kawin buatan pada ternak sapi, di salah satu kandang milik warga binaan yang berlokasi di Lingkungan Camming Kelurahan Ceppaga, Senin (31/08/2020) kemarin.


lnseminasi atau kawin buatan adalah suatu kegiatan memasukkan spermatozoa sapi jantan kedalam saluran alat kelamin sapi betina dengan menggunakan alat dan teknik khusus.


"Para peternak saat ini lebih cenderung dan memilih ternaknya untuk diinseminasi oleh petugas ketimbang kawin alam, karena selain lebih praktis juga mutu lebih bagus dan sisi lainnya untuk harga jual ternak hasil inseminasi lebih tinggi dibandingkan hasil kawin alam, inilah alasan mengapa sebahagian besar peternak lebih memilih ternaknya diinseminasi atau kawin suntik," ungkap Kopda Abdul Azis.


Hal senada juga disampaikan oleh salah satu peternak sapi yaitu Wisnu, warga Kelurahan Ceppaga bahwa dirinya ebih memilih ternaknya diinseminasi karena selain lebih mudah dan praktis, tinggal menelpon Inseminatornya.


"Selain inseminasi itu mudah dan praktis, untuk melakukan inseminasi kita tinggal menelpon pak Babinsa dan Insya Allah pak Babinsa pasti datang untuk melayani kami sebagi peternak, dan nantinya ketika kami jual, nilai jual ternak hasil inseminasi lebih tinggi," ujar Wisnu.


Semoga dengan inseminasi buatan masyarakat lebih maju dan sejahtera serta peternakan diwilayah Kodim 1407/Bone semakin meningkat.  (Rasul)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Begini Cara Babinsa Koramil 14-1407 Libureng Tingkatkan Kesejahteraan Peternak Sapi

Terkini

Iklan