Iklan

Iklan

Wujud Ketahanan Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19, Koramil 21/Palakka Kodim 1407/Bone Laksanakan Ini

19/06/20, 17:15 WIB Last Updated 2020-06-19T09:15:06Z

RAKYATSATU.COM, BONE
- Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 memiliki dampak yang sangat besar dalam roda perekonomian secara mengglobal.


Untuk mengantisipasi hal tersebut khususnya dalam hal mempertahankan ketahanan pangan, maka Koramil 21 Palakka Kodim 1407 Bone memiliki cara tersendiri yakni memanfaatkan lahan pekarangan/halaman kantor untuk ditanami sayuran.


Danramil 21 Palakka Kodim 1407 Bone, Kapten Chb Eko Ermawanto, saat dijumpai di Makoramil 21 Palakka, Jumat (19/06/2020), mengatakan, TNI khususnya TNI AD dalam satuan jajaran Kodim 1407 Bone, khususnya personel/prajurit Koramil 21 Palakka harus kreatif dalam memanfaatkan lahan kosong yang ada di halaman kantor Makoramil 21 Palakka.


"Jangan karena alasan pandemi Covid-19 ini kita tidak bisa bekerja, tetapi justru di tengah pandemi Covid-19 ini kita harus membantu Pemerintah mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Salah satunya adalah menanami lahan kosong halaman kantor dengan sayur," jelas Kapten Chb Eko Ermawanto.


Ia pun mengharapkan kepada Babinsanya agar menjadi penggerak ke masyarakat untuk memanfaatkan lahan/pekarangan rumah masyarakat untuk ditanami sayuran agar dapat membantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan serta pemenuhan gizi dan vitamin yang cukup dari tanaman sayur mayur tersebut.


Sementara itu secara terpisah, Dandim 1407/Bone, Letkol Inf Mustamin, mengatakan pemanfaatan lahan atau pekarangan yang kosong dengan menanam sayur-mayur maupun tanaman konsumsi lainnya merupakan salah satu bentuk mewujudkan ketahanan pangan. 


Selain itu, memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam tanaman pangan juga akan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Menurutnya, lahan kosong tidak akan mendatangkan manfaat, apabila tidak dikelola dengan maksimal.


“Sayang sekali lahan itu jika tidak dimanfaatkan, namun dengan ditanami sayur mayur seperti sawi dan cabai, paling tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, ”ujar Letkol Inf Mustamin, yang saat dihubungi masih berada di Makodim 1424/Sinjai.

Lanjutnya, dirinya juga telah memerintahkan jajarannya untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan yang kosong untuk ditanami berbagai sayuran.



“Saya harap upaya memanfaatkan lahan kosong tersebut, dapat meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kodim 1407/Bone khususnya, ”pungkas Letkol Inf Mustamin.  (Rasul)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wujud Ketahanan Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19, Koramil 21/Palakka Kodim 1407/Bone Laksanakan Ini

Terkini

Iklan