Iklan

Iklan

Desa Pasimarannu Jadi Desa Pertama Salurkan BLT di Sinjai

08 Mei 2020, 9:51 PM WIB Last Updated 2020-05-08T13:51:39Z


RAKYATSATU.COM, SINJAI - Menjadi Desa pertama di Kabupaten Sinjai yang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), bagi masyarakat yang terdampak akibat Virus Corona atau Covid-19 merupakan layanan ekstra buat masyarakat Desa Pasimarannu, 

Bantuan yang bersumber dari Dana Desa tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) didampingi Ketua TP PKK Hj.Andi Nurhilda Daramata Seto, Jumat (8/5/2020).

Selain Bupati, penyaluran yang dilakukan secara door to door turut dilakukan oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, Sekda Sinjai Akbar dan para Pimpinan Forkopimda.

Bupati Sinjai ASA mengatakan, penyerahan BLT dana desa yang dilaksanakan di Desa Pasimarannu merupakan yang pertama di Kabupaten Sinjai. Pasalnya, Pasimarannu yang pertama menyerahkan data hasil dari musyawarah desa.

Menurutnya, BLT dana desa ini dalam rangka pengamanan dampak ekonomi dan jaring pengaman sosial ditengah mewabahnya virus corona.

"Mudah-mudahan masyarakat yang mendapat bantuan bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari selama tiga bulan, karena memang banyak dari masyarakat kita sudah tidak bekerja lagi," ucap Bupati ASA usai menyalurkan langsung bantuan itu.

Pemerintah tambah ASA, menjamin bantuan ini akan tepat sasaran. Sebab, prioritas penerima bantuan adalah keluarga yang kurang mampu, ditambah fisik tidak mampu digunakan untuk bekerja, dan tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah.

Hal ini dinilai penting, agar bantuan yang diberikan tidak tumpang tindih. Apatalagi, bantuan sosial (bansos) yang digulirkan pemerintah banyak sumbernya, tentunya dengan mengikuti koridor dan aturan yang berlaku yang telah ditetapkan pemerintah.

Sementara itu, Pelakasana Tugas Kepala Desa Pasimarannu Kurnia mengatakan, data penerima BLT ini berdasarkan hasil musyawarah desa bersama tokoh masyarakat dan BPD, telah disepakati penyaluran BLT dana desa kepada 164 Kepala Keluarga.

Adapun besaran yang diterima masyarakat yakni, sebesar Rp 600.000 per orang (Kepala Keluarga) selama tiga bulan.

Sebagimana diketahui bahwa, jaring pengaman sosial Pemerintah kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 telah disalurkan sejak beberapa pekan terakhir ini. 

Pertama, bantuan 700 paket sembako dari Pemprov Sulsel di 67 Desa yang ada di delapan Kecamatan.

Kemudian bantuan dari Pemkab Sinjai untuk 13 Kelurahan di Sinjai dan jumlahnya 640 paket sembako dan bantuan sebanyal 570 sembako di 38 Desa yang ada di Lima Kecamatan di Sinjai diantaranya, Kecamatan

Sinjai Timur, Bulupoddo, Sinjai Tengah , Sinjai Barat dan Pulau Sembilan. (Kominfo)

Komentar

Tampilkan

  • Desa Pasimarannu Jadi Desa Pertama Salurkan BLT di Sinjai
  • 0

Terkini

Iklan