Iklan

Iklan

Staf Ahli Kasad Laksanakan Puldata Kajian Strategis, Ini Tujuannya

19/02/20, 16:19 WIB Last Updated 2020-02-19T08:19:17Z

RAKYATSATU.COM, BONE
- Staf Ahli Kasad Pok Jemen Sis hanneg Mabes TNI, Brigjen TNI Makmur Umar, melaksanakan Puldata Kajian Strategis dengan tema" Rapat Sumber Daya Buatan Dalam Mewujudkan Ruang Wilayah Pertahanan Darat" di ruang Data Makorem 141/Tp, Jalan jendral Sudirman No.09 Kelurahan Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, Rabu (19/02/2020).

Kapenrem 141/Tp, Mayor Inf Tawi, menjelaskan, tujuan kegiatan ini yakni, dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah termaksud salah satu tujuan dibentuknya Pemerintahan Negara Indonesia yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. 

Dalam mewujudkan tujuan bernegara tersebut, maka pertahanan negara merupakan faktor yang sangat hakiki dalam menjamin kelangsungan hidup suatu negara. Untuk menghadapi perkembangan ancaman yang makin beragam, Indonesia perlu menata kembali kekuatannya.

Lanjutnya, dalam konteks pertahanan negara, permasalahan ini tidak cukup ditangani hanya dari aspek kekuatan utama militer saja. Untuk membangun ketahanan nasional setidaknya ada 3 (tiga) pilar yang harus saling terkait yaitu pemerintahan, rakyat, dan militer. Ketiganya dijalin dalam simpul untuk memperkuat sebuah negara. Pemerintah dengan rakyat diikat dengan simpul ideologi. 

Ideologi adalah sebuah harapan yang dibangun bersama secara sadar, karena ideologilah negara bisa tetap berdiri. Tentara dengan rakyat diikat dengan simpul sejarah hubungan emosional kemanunggalan tentara-rakyat. 

Keduanya menjadi episentrum kekuatan atau center of graffity (CoG) bagi tentara. Tidak ada tentara kalau tidak ada rakyat karena tentara lahir dari rakyat. Konsep tentara adalah rakyat dan rakyat adalah tentara merupakan konsep kesemestaan yang menjadi modal kekuatan pertahanan.

Sistem tata kelola sumber daya nasional untuk pertahanan negara merupakan langkah strategis agar sistem pertahanan semesta dapat diaplikasikan serta terbangun daya saing sebagai bangsa (nations competitiveness) kedepannya.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Danrem 141/Tp Kolonel Inf Suwarno S.AP, Kasrem 141/Tp. Letkol Inf Bobbie tryantho. S.IP, para Kasi dan Pasi Korem 141/Tp.  (Rasul)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Staf Ahli Kasad Laksanakan Puldata Kajian Strategis, Ini Tujuannya

Terkini

Iklan