Iklan

Iklan

Ciptakan Lapangan Kerja, Pemda Sinjai Gelar Job Fair

20 Februari 2020, 3:26 PM WIB Last Updated 2020-02-20T07:26:15Z


RAKYATSATU.COM, SINJAI - Tahun kedua kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong, terus berupaya merealisasikan visi misi Pemkab Sinjai. 

Dalam penciptaan lapangan kerja misalnya, Pemkab Sinjai melalui Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Kabupaten Sinjai menggelar Pameran Kesempatan Kerja atau yang dikenal dengan 'Sinjai Job Fair 2020' di Tribun Lapangan Sinjai Bersatu, Kamis (20/2/2020) 

Bupati Sinjai, ASA menyampaikan, jumlah masyarakat yang berusia kerja dari 15-60 tahun yang mencapai 72 persen di Kabupaten Sinjai. Dengan jumlah itu, peran Pemkab sangat dibutuhkan dalam membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan sehingga di usia produktif ini bisa menghasilkan, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. 

"Selain melakukan pembinaan dan pemberian bantuan kepada wirausaha, kita juga melibatkan pelaku usaha yang sudah matang untuk menyerap tenaga kerja di Kabupaten Sinjai, contohnya melalui Job Fair ini", ujarnya. 

Job Fair yang kali kedua dilaksanakan sejak kepemimpinannya akhir 2018 lalu, Bupati ASA berharap kegiatan ini memberikan kemudahan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.

Sekaligus menjadi pemacu atau stimulus bahwa para pencari kerja tidak sendirian, ada pemerintah yang selalu membantu sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan para pencari kerja. 

"Kita semua berharap dengan Job Fair ini, para pencari kerja ini tidak perlu jauh-jauh keluar kota untuk melamar pekerjaan. Apalagi membutuhkan biaya dan belum mendapat jaminan diterima di perusahaan tersebut", jelasnya. 

Bupati ASA, berharap kegiatan terus berkesinambungan dan menjadi mediator bagi pengusaha dan para pencari kerja di Bumi Panrita Kitta, sehingga serapan 10 ribu tenaga kerja dapat tercapai dalam satu periode kepemimpinannya. 

Terpisah, Kadis Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten, H  Firdaus, mengatakan, Job Fair yang digelar ini untuk memfasilitasi pencari kerja yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya. 

"Jadi Job Fair ini membantu mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja", pungkasnya. 

Dikatakan sebanyak 20 perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik perusahaan lokal maupun perusahaan luar daerah seperti Makassar. 

Sekadar diketahui dari data Diskopnaker Sinjai, jumlah tenaga kerja yang saat ini sudah terserap di Kabupaten Sinjai sebanyak 30.451 orang, dengan rincian 18.433 di usaha Mikro, 10.034 usaha kecil dan 1.984 untuk usaha menengah. (Adv)


Komentar

Tampilkan

  • Ciptakan Lapangan Kerja, Pemda Sinjai Gelar Job Fair
  • 0

Terkini

Iklan