Iklan

Iklan

Pemkab Sinjai Terima Oelra Dari Kementerian Perhubungan

09 Desember 2019, 2:25 PM WIB Last Updated 2019-12-10T01:39:22Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Perhubungan, mendapatkan bantuan satu unit kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Atas nama Bupati Sinjai bantuan kapal pelra ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Sinjai, Andi Irwansyah Rani Yusuf melalui galangan kapal PT. Swarna Centra Buana Indonesia di Bulukumba, Senin (09/12/2019).

Kapal yang di beri nama 'Benawa Nusantara 105' itu merupakan  moda transportasi yang alternatif bagi masyarakat Sinjai.

"Setidaknya dengan adanya kapal ini bisa menjadi fokus untuk membangun konektifitas antar pulau, apalagi Sinjai diketahui memiliki beberapa pulau. Pemerintah pusat tentu berharap dengan adanya kapal Pelra ini yang diserahkan kepada Pemerintah Daerah dengan status hibah tak lain difungsikan untuk pelayanan masyarakat," ungkap Irwansyahrani usai melakukan uji layar dari Dermaga Bonto Bahari Bulukumba ke Pelabuhan Cappa Ujung, Kabupaten Sinjai.

Dijelaskan, kapal Pelra tersebut memiliki bobot 35 GT dan mampu melaju dengan kecepatan 9 knot untuk memuat penumpang, barang maupun berbagai kebutuhan masyarakat di Kabupaten Sinjai.

Selain itu kapal juga di lengkapi dengan sistem navigasi yang lengkap. Kelebihan lainnya karena di kabin penumpang sudah di lengkapi dengan pendingin ruangan, audio visual, dapur minimalis, WC sampai dengan penunjang keselamatan penumpang ( life jacket) untuk anak-anak dan dewasa.

"Selain fungsinya sebagai alat transportasi masyarakat juga diharapkan bisa menjadi penunjang pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Sinjai ke depan," tutur Kadis Perhubungan, Irwansyahrani.

Terpisah, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa menghaturkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak Kementerian perhubungan yang telah memberikan bantuan satu unit kapal pelayaran rakyat untuk masyarakat.

"Ini satu kesyukuran bagi masyarakat dan Pemkab Sinjai.Tentunya kita berharap capaian ini sebisa mungkin nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik dan tepat sasaran," harap Bupati Sinjai, A Seto Gadhista Asapa.

Selain Kabupaten Sinjai, melalui Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan juga memberikan bantuan kapal kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat dan Pemkab Pangkajene dan Kepulauan. (Asw)
Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Sinjai Terima Oelra Dari Kementerian Perhubungan
  • 0

Terkini

Iklan