Iklan

Iklan

Pemkab Sinjai Gali Potensi Tanaman Dataran Tinggi

27 November 2019, 12:43 PM WIB Last Updated 2019-11-27T04:43:13Z

RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai sedang giat-giatnya menggali potensi pengembangan tanaman khusus dataran tinggi jenis tanaman kentang. 

Bahkan pemerintah melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sinjai mengatakan potensi pengembangan Kentang yang berlokasi di Kecamatan Sinjai Barat cukup menjanjikan. Beberapa kelompok tani di nilai telah berhasil mengembangkan tanaman tersebut. 

Herman, salah seorang anggota kelompok tani Mutiara Deda, Desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat bahkan berharap agar komoditi yang coba dikembangkan ini bisa mendapatkan Pembinaan Khusus dari Kementerian Pertanian karena komoditi ini ternyata mumpuni dan memiliki prospek yang cukup besar, terlebih dengan adanya pengembangan tanaman kentang ternyata mampu mendongkrak tingkat pendapatan petani. Pengembangan komoditas tanaman dataran tinggi seperti kentang ini tambahnya cukup prosfektif dan menguntungkan pendapatan ekonomi petani karena permintaan pasar cenderung meningkat.

"Buktinya bukan hanya pansa pasar lokal yang melonjak permintaan jenis komoditi ini pun justru merambah hingga ke pulau Kalimantan. Inilah yang kemudian menjadi harapan kami kepada Pemkab Sinjai dan pemerintah pusat untuk mendapatkan bimbingan dan pembinaan secara berkesinambungan,” kata Herman, di dampingi koordinator penyuluh pertanian wilayah Sinjai Barat, Abd Rahman, S.P, Selasa (27/11/2019).

Sementara dari sisi ketersediaan lahan menurut Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupetan Sinjai Ir. Hj. Marwatiah MSi mengatakan potensi pengembangan tanaman kentang di wilayah Sinjai Barat sekitar 470 hektar. 

Upaya petani dalam rangka peningkatan sektor pertanian khususnya komoditi tersebut cukup besar.

“Apa yg menjadi harapan kelompok tani, itu telah Kita coba melakukan penangkaran kentang melalui Dana APBD Kabupaten, hanya saja luasannya masih terbatas,” jelas Marwatiah. (Asw)

Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Sinjai Gali Potensi Tanaman Dataran Tinggi
  • 0

Terkini

Iklan