ads

30 October, 2019

Pengambil SIM di Bone Tak Perlu Lagi Antri, Polres Bone Akan Berlakukan Pengambilan SIM Online

Pengambil SIM di Bone Tak Perlu Lagi Antri, Polres Bone Akan Berlakukan Pengambilan SIM Online
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Tidak lama lagi, Polantas Polres Bone akan memberlakukan pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online/smart SIM. Hal itu dikemukakan Kepala Satuan Polisi Lalu lintas (Kasat Lantas) Polres Bone, AKP Thamrin, saat ditemui di ruangannya, Rabu (30/10/2019).

"Dalam waktu dekat, kita (Polantas Polres Bone) akan memberlakukan Smart SIM (pengambilan SIM online). Jadi pengambil SIM tidak perlu lagi antri seperti saat ini," ujar AKP Thamrin.

Lanjutnya, saat ini, Smart SIM belum diberlakukan karena masih ada bahan material SIM lama. Apabila material SIM lama tersebut telah habis maka smart SIM akan langsung diberlakukan.

"Pengambilan SIM online ini sebenarnya bisa juga manual seperti pengambilan SIM saat ini karena yang membedakan hanya material/bahan SIM, cuma kelebihannya kalau online maka pengambil SIM tidak antri lagi, cukup mendaftar lewat online lalu bukti pendaftarannya diperlihatkan ke petugas/pelayanan SIM," ujar AKP Thamrin.

AKP Thamrin menjelaskan, smart SIM ini, selain berfungsi sebagai SIM juga berfungsi pula cheef, uang elektronik untuk pembayaran kartu tol, pembayaran elektronik di pusat pembelanjaan seperti Alfamart dan Indomaret/mini market.

"Smart SIM baru ini berfungsi sebagai cheef, uang elektronik (kartu tol), pembayaran elektronik seperti di pusat pembelanjaan dengan dana maksimal yang masuk didalamanya maksimal 2 juta," lanjutnya.

Ia juga menjelaskan kalau Smart SIM ini juga berfungsi untuk pembayaran E Tilang, karena di dalam SIM tersebut ada memori data pelanggar sebab ada data base pemiliknya di dalam SIM tersebut. Sehingga ada rekam jejak digital yang dapat menjadikan alat kontrol kepolisian kepada pengendara yang sering melanggar.  (Rasul)

Don't Miss

News Feed