Iklan

Iklan

Pemkab Sinjai Gelar Pesta Adat Mappugau Sihanua, Ini kata Wabup

17 Oktober 2019, 11:41 PM WIB Last Updated 2019-10-18T01:42:19Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar Pesta Adat Mappogau Sihanua yang bertempat di Rumah Adat Karampuang, Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai, Kamis (17/10/2019).

Pesta Adat Mappogau Sihanua merupakan event budaya tahunan di Kabupaten Sinjai yang sarat dengan makna filosofi dalam rangka penguatan budaya lokal serta jati diri masyarakat.

Sekertaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Andi Mandasini dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini, untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sinjai, khususnya di Komunitas Adat Karampuang Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo dalam upaya meningkatkan dan memperkenalkan potensi  wisata khususnya wisata budaya di Kabupaten Sinjai. Meningkatkan solidariatas dan kebersamaan masyarakat serta mempertahankan sifat gotong royong dikalangan masyarakat. Meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Sinjai.

Sementara  itu, Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong mengatakan bahwa sebagai warga Kabupaten Sinjai, tentunya kita patut bersyukur kepada Allah SWT, karena Daerah ini menyimpan banyak potensi budaya yang apabila dikemas dengan baik akan menjadi aset yang tak ternilai harganya untuk membentuk karakter dan budi pekerti masyarakat yang tangguh serta dapat menjadi penopang dalam mengembangkan industri pariwisata.

Olehnya itu, menjadi tanggung jawab kita bersama agar tradisi dan budaya yang ada tetap lestari dengan memperhatikan kaidah, norma dan syariat agama. Pelestarian tradisi dan budaya juga diharapkan menjadi filter bagi pengaruh negatif kemajuan teknologi dan informasi.

Selain itu, sebagai salah satu event budaya Kabupaten Sinjai dari tiga warisan budaya tak benda yang telah ditetapkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Bersertifikasi Nasional Tahun 2018 yaitu Pesta Adat Mappogau Sihanua, Pesta Adat Ma'rimpa Salo dan Kawasan Adat Karampuang, maka sepatutnya kita dapat bersama-sama lebih pro aktif dalam upaya melestarikan Pesta Adat Mappogau Sihanua ini, serta melakukan promosi yang lebih intensif sehingga event budaya ini dapat dikenal lebih luas, bukan hanya oleh masyarakat dalam tetapi juga oleh masyarakat luar Kabupaten Sinjai.

turut hadir, perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sul-Sel, perwakilan Kepala Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Prov. Sul-Sel, perwakilan Kepala Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Prov, Para Asisten Setdakab Sinjai, para Forkopinda Kab. Sinjai, para Staf Ahli Bupati Sinjai, Para Kepala Bagaian Setdakab Sinjai, Camat Bulupoddo, Kepala Desa Tompobulu, Tokoh Pemangku Adat Karampuang, Tokoh Seni dan Budaya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta segenap Masyarakat Desa Tompobulu. (Asw/Hums)
Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Sinjai Gelar Pesta Adat Mappugau Sihanua, Ini kata Wabup
  • 0

Terkini

Iklan