ads

18 October, 2019

BPBD Sinjai Sosialisasi Pencegahan Dini Bencana

BPBD Sinjai Sosialisasi Pencegahan Dini Bencana
banner 336x280

RAKYATSATU.COM, SINJAI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai kembali menjadi narasumber pada Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Lappa Cinrana Kecamatan Bisa, Kabupaten Sinjai, Jumat (18/10/2019).

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sinjai, Syamsul Ahmad, S.Kep,  dalam pemaparannya menjelaskan upaya pengetahuan dini terkait kebencanaan kepada masyarakat di Desa Lappa.

Dengan adanya program dari Pemerintah Daerah yakni melalui Dinas DP3AP2KB tentu merupakan Inovasi yang sangat strategis dalam memberdayakan masyarakat sehingga Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Keluarga Berencana (KB) ini, stakeholder terkait bisa saling bersinergi, Sehingga hasil dan apa yang diharapkan tentu bisa berjalan dengan baik.

“Kembali terimakasih kami ucapkan kepada pihak penyelenggara yakni DP3AP2KB karena dengan adanya kegiatan seperti ini kami juga dapat bersinergi sekaligus memberikan gambaran terkait kebencanaan,” pungkasnya.

"Kondisi Cuaca semisal Hujan, Panas, Angin Kencang dan kejadian bencana lain seperti Gempa, Tsunami, Banjir, Tanah Longsor, Kebakaran dan sebagainya adalah sesuatu hal yang bisa diperkirakan, Namun tidak bisa dicegah kedatangannya, apalagi tidak terjadwal. Selain tetap waspada, maka yang terpenting adalah antisipasi mengurangi risiko bencana yang ada, oleh karena itu perlunya memberikan pengetahuan dan  pembekalan dini kepada masyarakat terkait beberapa bencana yang sering terjadi disekitar," jelasnya.

Selain menjelaskan tentang pembekalan dini terkait kebencanaa Syamsul juga memaparkan tentang tugas-tugas dan fungsi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sinjai sekaligus menghimbau kepada seluruh masyarakat yang hadir sebagai peserta untuk tidak panik bila terjadi suatu bbencana.

Dia berharap, Pemerintah Desa khususnya Lappa Cinrana membuat kegiatan pelatihan Kebencanaan yang berbasis masyarakat disertai dengan Simulasi sehingga output dari kegiatan itu ada, dan  salah satunya adalah terbentuknya Desa Siaga Tangguh Bencana.

Sekedar diketahui bahwa Peserta yang hadir sekitar 70 an orang, Tokoh masyarakat, Pemuda, Ibu IRT dan aparat desa yang bersangkutan.

Dan Selain Badan Penanggulangan Bencana Daerah instansi yang turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Bagian Kesra Setdakab, serta DP3AP2KB tentunya sebagai penyelenggara kegiatan. (Asw)


Don't Miss

News Feed