Iklan

Iklan

Kementerian Pertahanan RI Gelar Road Show di Bone, Ini Tujuannya

09 April 2019, 4:06 PM WIB Last Updated 2019-04-09T08:06:10Z
RAKYATSATU.COM, BONE - Kementerian Pertahanan RI melakukan Road show Kesiapan Sumber Daya Pertahanan Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Bone, di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bone, di Gedung PKK Kabupaten Bone, Jl H Andi Mappanyukki, Selasa (09/04/2019).

Pada kesempatan tersebut, sambutan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan, Profesor Dr Ir Bondan Tiara Sofyan, yang dibacakan oleh Direktur Komponen Cadangan Ditjen Pothan Kemhan, Brigadir Jenderal TNI Untung Waluyo, yaitu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman substansi RUU pengelolaan sumber daya nasional.

Tujuan tersebut untuk pertahanan negara meliputi konsep sumber daya nasional, bela negara, komponen pendukung, komponen cadangan dan mobilisasi demobilisasi melalui tinjauan dari aspek politik dan hukum berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan Kementerian Pertahanan.

Diantaranya kegiatan sosialisasi baik melalui media cetak elektronik dan sosialisasike beberapa daerah hampir seluruh provinsi di Indonesia kepada organisasi masyarakat lingkungan akademis, ASN, TNI, Polri, pondok pesantren, pegawai swasta dan BUMN serta kegiatan focus group discussion (FGD) dengan komisi 1 DPR RI, dan TNI Polri.

Untuk membangun suatu sistem pertahanan negara yang kuat serta bersifat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional serta sarana dan prasarana Nasional Indonesia tidaklah mudah dan perlu waktu yang panjang.

Hal tersebut telah kami alami bahwa untuk melaksanakan amanat undang-undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara pada pasal 8 tentang pembentukan komponen cadangan dan komponen pendukung masih belum terealisasi membangun menata serta mengelola seluruh sumber daya nasional serta sarana dan prasarana nasional untuk pertahanan negara masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) proritas tahun 2019.

Semoga dengan adanya undang-undang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara akan menjadikan bangsa Indonesia lebih kuat dan lebih disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia maupun meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang telah menjadi budaya dan ideologi bangsa Indonesia sekaligus menjadi benteng kekuatan pertahanan negara.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle, Anggota Komisi I DPR - RI Bidang Pertahanan Keamanan H Andi Rio Idris Padjalangi, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Islam I.A.I.N Bone Dr. Andi Sudirman.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Bone Dray Vibrianto, Tim Mabes TNI Kolonel Kav TJ.Darmawan, Dandim 1407/Bone Letkol Inf Mustamin, Kapolres Bone AKBP M. Kadarislam Kasim, Tim Mabes TNI Letkol Andy Charman.

Wadanyon C Pelopor AKP Andi Muh Syafei, Tim Mabes TNI mayor Moko, Hasmia mewakili Kajari Bone, para Dan Kabalakrem 141/Tp, para Danramil jajaran Kodim 1407/Bone dan para Kapolsek jajaran Polres Bone.  (Rasul)
Komentar

Tampilkan

  • Kementerian Pertahanan RI Gelar Road Show di Bone, Ini Tujuannya
  • 0

Terkini

Iklan