Evaluasi Kondisi Kesehatan Masyarakat, Puskesmas Lappae Adakan MMD
Cari Berita

Advertisement

IKSAN NEW

Advertisement

Evaluasi Kondisi Kesehatan Masyarakat, Puskesmas Lappae Adakan MMD

Rakyat Satu
01 February, 2019

RAKYATSATU.COM, SINJAI - Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, melalui Puskemas Lappae Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Desa Samaturue , Jumat (1/2/2019)

MMD ini dilaksanakan gedung pertemuan Desa Samaturue, dan dihadiri Kepala Puskesmas Lappae, Haerul Baria, Kepala Desa Samaturue Palewai, para Kepala Dusun serta masyarakat setempat.

Kepala Puskesmas Lappae, Haerul Baria mengatakan, MMD ini sebagai evaluasi kondisi kesehatan masyarakat Samaturue sekaligus untuk mengenalkan kepada masyarakat terkait masalah kesehatan yang ada di wilayahnya.

"Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana kebutuhan masyarakat khususnya terkait masalah kesehatan, agar kedepannya tercipta lingkungan bersih dan sehat," ungkapnya.

Ia berharap, pelayaan kesehatan yang ada di desa Samaturue lebih ditingkatkan lagi dengan memperhatikan beberapa aspek-aspek penting seperti pemberian informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pegontrolan kesehatan.

Sebab menurutnya, berdasarkan pengamatan Puskesmas Lappae, masyarakat Desa Samaturue lebih dominan untuk datang ke puskesmas dibanding mendatangi pos kesehatan yang telah berdiri di Desa Samaturue seperti pos lansia dan posyandu.

"Ini menggambarkan bahwa kurangnya pemberian pemahaman dan informasi kepada masyarakat untuk datang ke tempat pos lansia dan posyandu terdekat yang ada di desa Samaturue," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Samaturue, Palewai, mengaku mengapresiasi kegiatan ini karena dengan adanya kegiatan MMD dapat menciptakan masyarakat yang lebih sehat.

"Inshaa Allah, semoga dengan kegiatan ini perhatian masyarakat terhadap pos kesehatan di Desa kami bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai arahan kepala Puskesmas Lappae," tandasnya.

MMD merupakan pertemuan rutin yang digelar Puskesmas Lappae sekali setahun, untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD. (Ian)