Begini Upaya Babinsa Kodim 1404 Pinrang Cegah Generasi Muda Tidak Terlibat Narkoba
Cari Berita

Advertisement

IKSAN NEW

Advertisement

Begini Upaya Babinsa Kodim 1404 Pinrang Cegah Generasi Muda Tidak Terlibat Narkoba

Rakyat Satu
03 February, 2019

RAKYATSATU.COM, PINRANG - Babinsa Koramil-07 Kodim 1404/Pinrang Serda Salahuddin melaksanakan penyuluhan bahaya Narkoba kepada para siswa kelas V SD Negeri 5 Kecamatan Lembang, Sabtu (02/02/2019).

Pada kesempatan tersebut Babinsa menyampaikan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba kepada generasi muda sebagai penerus bangsa.

Pemahaman bahaya narkoba harus diberikan sejak dini melalui pembinaan dasar bahaya narkoba, salah satunya pengenalan bahaya narkoba ke kalangan pelajar SD, kapan pun dan dimana pun pemberantasan dan pencegahan penggunaan narkoba harus dilakukan dan seluruh lapisan masyarakat harus aktif memberantas penggunaan dan peredaran narkoba, terutama orang tua untuk bisa mengawasi anak-anaknya, jangan sampai terjerumus.

“Permasalahan Narkoba sekarang ini sudah merambat ke berbagai usia, dari usia dini hingga kalangan dewasa untuk itu. Siswa Sekolah Dasar sekarang perlu dibekali dengan pengetahuan dan informasi mengenai bahaya penyalahgunaan Narkoba dan dampak buruk mengenai Narkoba,” kata Serda Salahuddin.

Sosialisasi tentang pemahaman bahaya Narkoba guna mengetahui bentuk dan jenis Narkoba atau barang haram lainnya bagi siswa SD bertujuan agar siswa SD tidak mudah dijadikan kurir bagi oknum-oknum tertentu yang ingin memanfaatkan anak sekolah guna melancarkan modus overandi-nya, karena Narkoba merupakan kejahatan yang terorganisir serta memiliki organisasi. 

Dalam peredaran Narkoba tidak mengenal usia dan kasta, remaja, orang tua bahkan sampai anak- anak, mulai dari SD, SLTP, SMA menjadi sasaran empuk para sindikat Narkoba.

"Pengguna Narkoba didominasi oleh kalangan generasi muda, untuk itu kita harus lebih mengedepankan pencegahan bahaya Narkoba sejak dini, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sulitnya pemberantasan Narkoba menjadi tantangan yang harus dihadapi bersama-sama," pungkas Serda Salahuddin.  (Rasul)