Seniman Muda Toraja Akan Beraksi di Festival Kandean Dulang Dalam Event Lovely December Torut

Seniman Muda Toraja Akan Beraksi di Festival Kandean Dulang Dalam Event Lovely December Torut
RAKYATSATU.COM, TORAJA UTARA - Seniman muda Toraja akan unjuk kebolehan di Festival Kandean Dulang (FKD), Selasa (04/12).

Festival Kandean Dulang yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2018 di area Tugu Kandean Dulang, Rantepao, Toraja Utara tersebut, akan mengangkat tema atraksi budaya Toraja.

Ketua Panitia FKD 2018, Asdem Lebang, mengatakan bahwa festival ini akan mengangkat kembali beberapa atraksi budaya khususnya pada budaya sukacita atau Aluk Rambu Tuka’ yang dikemas dalam bentuk pertunjukan serta pameran.

"Festival ini akan mengangkat kembali beberapa atraksi budaya khususnya pada budaya sukacita atau Aluk Rambu Tuka’ yang dikemas dalam bentuk pertunjukan serta pameran,"kata Asdem.

Sempat vakum tahun lalu, FKD yang digelar ditahun ketiga ini, akan menghadirkan kesenian yang unik dari Toraja bagian Barat, yang bahkan mungkin masih banyak di antara masyarakat Toraja yang belum pernah menyaksikannya.

Selain itu, FKD 2018 yang juga melibatkan seniman Sanda Rupa Art Toraya, Londe, Rumah Budaya Tindoki, Toraya Melada’, Sanggar-sanggar Seni Toraja dan Komunitas Kopi Toraja.

Dalam festival nantinya, juga diramaikan dengan permainan rakyat yang diikuti oleh siswa-siswi SD Toraja Utara, pameran industri kreatif, penampilan band, dan tentunya penampilan atraksi budaya Toraja. (Kris)
loading...
close
Rakyatsatu