Begini Cara Mengukur dan Meningkatkan Kemampuan Personel Korem 141/Tp Dalam Menanggulangi Bencana Alam

Begini Cara Mengukur dan Meningkatkan Kemampuan Personel Korem 141/Tp Dalam Menanggulangi Bencana Alam
RAKYATSATU.COM, BONE - Guna memantapkan peran dan kemampuan personil jajaran Korem 141/Tp khususnya personil Kodim 1424/Sinjai maupun instansi terkait dalam penanggulangan bencana alam, maka Korem 141/Tp melaksanakan kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Sinjai.

Apel pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 141/Toddopuli, Kodam XIV/Hasanuddin di wilayah ter Kodim 1424/Sinjai, dibuka oleh Wakil Bupati Sinjai, Hj A. Kartini Ottong, SP, M.SP, di Lapangan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Jl Jenderal Ahmad Yani Sinjai, Selasa (04/12), sekira pukul 08.00 Wita.

Paur Prod Penrem 141/Tp, Lettu Arh Darwis, mengatakan, kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam di wilayah ter Kodim 1424/Sinjai, adalah untuk memantapkan peran dan kemampuan personil Kodim 1424/Sinjai serta instansi terkait dalam menangani penanggulangan bencana alam.

"Ini merupakan tuntutan tugas ke depan dengan harapan dapat dikembangkan menjadi konsep protap penanggulangan bencana alam yang diharapkan dapat menjawab sistem penanganan permasalahan di lapangan," ujar Lettu Arh Darwis.

Adapun amanat Danrem 141/Tp Kolonel Inf Suwarno S.A.P, dalam Apel pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sinjai Hj.A.Kartini ottong,SP.M.SP, pada intinya adalah sebagai berikut :

Kegiatan ini sengaja dipilih mengingat ancaman yang paling mungkin timbul dan bahkan sering terjadi yaitu bencana banjir yang dapat menimbulkan korban dan kerugian cukup besar yang tentunya tidak kita harapkan.

Tujuan lain dari latihan ini adalah memantapkan peran dan kemampuan personil jajaran Korem 141/Tp khususnya personil Kodim 1424/Sinjai maupun instansi terkait dihadapkan dengan tuntutan tugas ke depan dengan harapan dapat dikembangkan menjadi konsep protap penanggulangan bencana alam yang diharapkan dapat menjawab sistem penanganan permasalahan di lapangan.

Guna mengantisipasi hal, itu Korem 141/Tp khususnya Kodim 1424/Sinjai memberikan solusi concret melalui latihan simulasi penanggulangan bencana alam dengan melibatkan unsur BPBD badan penanggulangan bencana alam unsur medis dan Basarnas.

Latihan ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan serta menguji kesiapsiagaan dalam upaya penanggulangan bencana alam di Wilayah Korem 141/Toddopuli khususnya Kabupaten Sinjai agar penanganannya terutama yang berkaitan dengan penyelamatan korban pengungsian berjalan sesuai dengan protap yang ada.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Dandim 1424/Sinjai Letkol. Inf. Oo Sahrojat M,tr (HAN), Pasi Ops Korem 141/Tp Mayor Kav Baso Syukri, Kapolres Sinjai AKBP Sebpril Sesa, S.I.K, Ketua DPRD Sinjai Abdul Haris Umar, Karutan Sinjai Ince Muh Rizal SH,MSI, Kajari Sinjai Noer Adi, SH, M.H, Kepala Pengadilan Negeri Hasanuddin, S.H, Kepala pengadilan Agama Siti Rusiah, S.Ag, M.H, Ka Basarnas Bone Andi Sultan.

1 Kompi TNI Jajaran Korem 141/Tp, Kodim 1407/Bone ,Kodim 1411/Bulukumba, Kodim 1424/Sinjai,Yonif 726/Tamalatea dan Balakrem 141/Tp.
1 pelaton Anggota Polres Sinjai
1 pelaton Anggota Polpp Sinjai
1 pelaton Anggota Damkar Sinjai
1 Pelaton Anggota Basarnas Gabungan
1 Pelaton Anggota Kesehatan Gabungan Sinjai.

Selesai apel pembukaan latihan dilanjutkan dengan pemberian materi Londarlap, longmalap, Evakuasi korban, Gelar dapur lapangan, Gelar tenda pengungsian dan tenda lapangan, gelar MCK lapangan, bertempat di lapangan Futsal Kabupaten Sinjai.  (Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu