2019, Desa di Cina Tidak Butuh Pihak Ketiga Dalam membangun Infrastruktur

2019, Desa di Cina Tidak Butuh Pihak Ketiga Dalam membangun Infrastruktur

RAKYATSATU.COM, BONE - Desa di Kecamatan Cina, Kabupaten Bone bakal tidak membutuhkan lagi pihak ketiga dalam membangun infrastruktur di desa/kelurahan, khususnya 10 desa dari 11 desa yang ada di Kecamatan Cina.



Kegiatan ini terlaksana atas prakarsa Badan Kejasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Cina, dilaksanakan di Hotel Novena, Jl Ahmad Yani Watampone, selama empat (4) hari, Rabu hingga Sabtu (5-8/12), guna memberi ilmu pengetahuan dan wawasan para Kader Infrastruktur Desa (KID).



Ketua BKAD Kecamatan Cina, Andi Amal Pasha, mengatakan, pengkaderan KID ini dilaksanakan sejak 2017 dan kini lebih dipermantap lagi agar para KID tersebut lebih mapan ke depan dan mampu merencanakan dan mendesain Rencana Anggaran Belanja (RAB) di desanya serta mampu mendesain dan mengerjakan infrastruktur desanya tanpa bantuan pihak ketiga.



"Dengan kegiatan ini maka kita berharap semua KID sudah mampu mendesain gambar infratruktur dan menyusun RAB desa. Semua kader wajib menyelsaikan RAB desanya untuk tahun 2019 beserta gambar infratruktur yang dibutuhkan di desanya," jelas Andi Akmal, Jumat (07/12).



Lanjutnya, dengan demikian 10 desa dari 11 desa yang ada di Kecamatan Cina, tidak memerlukan lagi pihak ketiga tapi lebih beriorientasi dengan memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa tersebut.



"Kegiatan ini diikuti 20 orang peserta yang merupakan 2 orang perwakilan tiap desa dan anggarannya diambil dari Anggaran Pendapatan Desa (APDES) 2018, dengan pemateri dari tenaga ahli pendamping infrastruktur Kabupaten Bone," pungkasnya.



Hal senada diungkapkan salah seorang Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Cina, Afdal. Menurutnya, KID yang saat ini sudah dikader dan diberi pelatihan, dituntut untuk membuat RAB desanya sendiri serta mendesai dan membuat gambar atau denah rancangan infrastruktur desanya.



"Kalau dulu RAB desa disusun dengan dibimbing dan bekerjasama oleh pendamping teknik desa maka RAB desa tahun 2019 sudah dibuat sendiri oleh KID," jelas Afdal.



Sementara itu, salah seorang peserta perwakilan Desa Lompu, Edi Salmawan, mengaku bahwa dengan kegiatan ini maka ia sudah mendapat bekal dalam menyusun RAB dan mendesai infrastruktur desanya.


Sedangkan ketidak ikutan Desa Padangloang, Kecamatan Cina dalam kegiatan tersebut, berdasarkan informasi yang dihimpun, bahwa desa tersebut tidak menganggarkan kegiatan tersebut dianggaran perubahan sehingga dana untuk mengikutkan perwakilannya tidak ada.  (Rasul)



loading...
close
Rakyatsatu