ads

15 October, 2018

Percepat Pembangunan di Daerah Lewat TMMD Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI

Percepat Pembangunan di Daerah Lewat TMMD Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, GOWA - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dalam wilayah Ter Korem 141/Tp kembali dilaksanakan. Kali ini dipusatkan di wilayah Ter Kodim 1409/Gowa.

Hal itu ditandai dengan Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke- 103 Tahun Anggaran 2018 Kodim 1409/Gowa, di Lapangan Mapakasunggu, Kelurahan Malakaji, Kecamatan Tompobulu, Senin (15/10) sekira pukul 10.00 Wita, dengan Irup Bupati Gowa, Adnan Purita IYL, SH, MH, yang diikuti 150 personel dengan DanUp Lettu Inf Irhan (Danramil 1409-06/Bajeng)

Sebagaimana temanya "Dengan Semangat Sinergitas Kita Tingkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Percepatan Pembangunan Di Daerah Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI".

Bupati Gowa dalam amanatnya pada intinya mengatakan, bahwa kelurahan/Desa merupakan salah satu realisasi kebijakan yang ingin wujudkan pembangunan Indonesia yang merata untuk kestabilan dan kemajuan Kabupaten Gowa secara keseluruhan.

Melalui pembangunan inilah, potensi yang ada di ledesaan kita kembangkan. Peran nyata TNI diwujudkan dalam program kegiatan TMMD ke-103 TA 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari mulai tanggal 15 Oktober sampai 13 Nopember 2018.

Selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, juga merupakan wahana untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta Ketahanan Nasional guna menjaga keutuhan NKRI.

Kapenrem 141/Tp, Mayor Inf Mansur K  mengatakan, pada kegiatan TMMD ke-103 tahun 2018 melibatkan TNl-POLRI dan Pemda Kabupaten Gowa serta masyarakat. Pelaksanaan TMMD adalah salah satu upaya dalam menjawab masalah-masalah infrastruktur berupa pembuatan saluran irigasi di desa

Adapun desa/kelurahan yang menjadi sasaran kegiatan TMMD di Kabupaten Gowa diantaranya, Desa Bontobuddung, Desa Batumalonro, Desa Parangloe dan Kelurahan Sapaya serta Desa Bontolempangan.

"Pengerjaan Paving Blok di Kelurahan Lauwa, Kelurahan Malakaji dan Desa Baturappe. Pengerjaan jalan Beton dan pembuatan rumah pompa serta pompa air di Kelurahan Sapaya," ujar Mayor Inf Mansur K

Lanjutnya, untuk sasaran non fisik, program TMMD kali ini telah diarahkan untuk menumbuhkan kekebalan dalam menghadapi isu-isu disintegrasi bangsa dan hal-hal yang mengarah kepada konflik sosial.

Dalam mencapai tujuan tersebut, Satgas TMMD yang bersinergi dengan dinas terkait akan melaksanakan penyuluhan tentang hukum, penanganan kebakaran hutan, penyuluhan kesehatan dan program KB, wawasan kebangsaan, kerukunan antar umat beragama, serta bahaya Narkoba dan paham-paham radikal Iainnya.

Setelah selesai upacara selesai selanjutnya Bupati Gowa foto bersama dan menyerahkan alat sarana olahraga. Kemudian rombongan meninjau pengobatan gratis dan KB di Puskesmas Kecamatan Tompobullu dan Mininjau lokasi TMMD di Kelurahan Malakaji Kecamatan Tompobullu, dengan pengerjaan jalan Paving Blok sepanjang kurang lebih 200 meter.

Adapun susunan peserta upacara sebagai berikut:
- 1 SSK Personel TNI.
- 1 SST Personel POLRI.
- 1 SST Kelompok FKPI.
- 2 SSK Siswa SMU.
- 1 Kelompok Paskibraka.

Sedangkan yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Drs. H. Abd. Rauf Malaganni, S. Sos.M.Si. (Wakil Bupati Gowa), Kolonel Inf Rafael Granada bay ( Danridam XIV/Hsn ),  Letkol Inf Bobbie Triyanto. S I.P ( Kasrem 141/Tp) beserta ibu, Letkol Arh Nur Subekhi, M.Si (Han) (Dandim 1409/Gowa) beserta ibu.

Kompol Muh. Fajri, S.Ik (Wakapolres Gowa), Susanto SH. MH (Kajari Kab. Gowa), para Dandim jajaran Korem 141/Tp beserta ibu, Letkol Inf Antero (Kasi Log Korem 141/Tp), para Kepala SKPD lingkup pemerintah Kabupaten Gowa, para Kades, Lurah, Camat Kabupaten Gowa, para Tomas, Toga, Todat, tamu undangan dan Masyarakat Kecamatan Tompobulu sekitar 800 orang.  (Rasul)
Don't Miss

News Feed