ads

24 September, 2018

Ratusan TNI AD Ditatar Jadi Kader Pembina Saka Pramuka Wira Kartika

Ratusan TNI AD Ditatar Jadi Kader Pembina Saka Pramuka Wira Kartika
banner 336x280
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, JAKARTA - Ratusan prajurit TNI AD yang merupakan perwakilan Kodam se Indonesia mendapatkan bekal Kepramukaan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Senin (24/09).

Ada 378 orang yang mengikuti kegiatan penataran kader pembina Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD) Satuan Karya (Saka) Pramuka Wira Kartika tingkat Nasional, yang dibuka oleh Aster Kasad Brigjen TNI Dudung Abduracman S.E., M.M.

Perwakilan Korem 141/Tp Kodam XIV/Hasanuddin, Letda Darwis yang mengikuti kegiatan penataran kader Pembina KMD Saka Wira Kartika, mengatakan, kegiatan tersebut membuat dirinya memahami dan mengenal arti Gerakan Pramuka serta mendapatkan ilmu Kepramukaan sebagai bekal untuk membina Pramuka Penegak Pandega, khususnya Saka Pramuka Wira Kartika.

"Kegiatan KMD ini sangat bermanfaat bagi saya karena ini merupakan bekal saya nantinya untuk mengembangkan Saka Pramuka Wira Kartika dalam lingkup wilayah ter Korem 141/Tp," ujar Letda Darwis, kepada Rakyatsatu.com.

Staf Penerangan Korem 141/Tp itu menjelaskan bahwa tujuan kegiatan penataran kader pembina KMD Saka Pramuka Wira Kartika tersebut yakni sesuai temanya yaitu, kita tingkatkan kualitas sumber daya manusia pembina Pramuka Saka Wira Kartika dalam membina dan memelihara Pramuka Penegak dan Pandega sebagai generasi muda pemimpin masa depan yang berjiwa Budi Bhakti Bawa Laksana.

"Sebagaimana motto Gerakan Pramuka, Ikhlas Bhakti Bina Bangsa berBudi Bawa Laksana," ujar Letda Darwis.

Ia menambahkan, sejumlah materi Kepramukaan didapatkan pada kegiatan tersebut, diantaranya Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Pramuka, Motto Pramuka, Sistem Among, Mengelola Program Kegiatan Peserta Didik, AD/ART Gerakan Pramuka dan masih banyak materi lainnya.

Sementara itu Kapenrem 141/Tp, Mayor Inf Mansur Kole, S.Ag, MM, mengatakan bahwa dengan adanya perwakilan dari setiap Kodam se Indonesia, khususnya Korem 141/Tp Kodam XIV/Hasanauddin, maka diharapkan dengan keterlibatan TNI Angkatan Darat dalam kepramukaan akan selalu menumbuhkan generasi generasi pemuda harapan bangsa yang selalu cinta kepada Tanah air.

“Saya harap melalui Saka Pramuka Wira Kartika bisa menumbuhkan generasi muda yang cinta kepada Tanah air dan berwawasan nusantara," ujar Mayor Inf Mansur Kole. (Rasul)
Don't Miss

News Feed