ads

26 September, 2018

Puang Bakti : Visi Misi Itu yang Utama Adalah Tahapan Pelaksanaannya

Puang Bakti : Visi Misi Itu yang Utama Adalah Tahapan Pelaksanaannya
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Penjabat (Pj) Bupati Bone, Ir H Andi Bakti Haruni, resmi menanggalkan jabatannya pada Rabu (26/09) saat Bupati/Wakil Bupati Bone terpilih dilantik oleh Gubernur Sulsel.

Sehari sebelum pelantikan Bupati Bone terpilih, Selasa (25/09), H Andi Bakti Haruni yang masih menyempatkan waktunya bagi wartawan di Kabupaten Bone, nongki-nongki di Zon Cafe, Jl Ahmad Yani Watampone, menjelaskan sejumlah Visi Misinya serta menitip pesan buat Bupati dan Wakil Bupati Bone terpilih, Dr H Andi Fahsar M Padjalangi-Drs H Ambo Dalle, MM.

"Memang visi misi itu penting tetapi yang paling utama adalah tahapan pelaksanaannya. Visi misi itu walau sangat sederhana tetapi apabila dilaksanakan secara serius dan maksimal maka tentu perwujudannya akan sesuai harapan," jelas H Andi Bakti Haruni yang biasa dipanggil Puang Bakti.

Kadis Tarkim Provinsi Sulsel ini juga menjelaskan bahwa, menjadi Bupati Bone itu ternyata tidaklah begitu sulit, karena jajaran ASN dan para pejabat dalam lingkup Pemkab Bone sudah memahami lingkup tugasnya masing-masing, tinggal dipertegas tugas dan tanggungjawabnya.

"Jadi Bupati Bone itu otopilot, artinya pemerintahan sudah memahami lingkup tugasnya. Ada bupati dan tanpa bupati, khususnya di Kabupaten Bone, pemerintahan dan pelayanan akan tetap berjalan karena itu tadi, semua sudah pada memahami lingkup tugasnya masing-masing, tinggal dipertegas tugas dan tanggungjawab ASN tersebut," jelasnya lagi.

Ia pun berpesan kepasangan Tafa'dal yang akan menjalankan kembali roda pemerintahan di Kabupaten Bone, agar tetap fokus pada infrastruktur terutama jalan dan jembatan.

Lanjutnya lagi menjelaskan visi misinya, yakni Manajemen Pendidikan. Kabupaten Bone memang lebih tinggi kuantitatifnya dengan daerah lain, tinggal bagaimana menata sisi manajemen.

"Terkait pendidikan, tinggal menata/memperbaiki sedikit manajemennya. Sekolah Dasar (SD) sudah seharusnya diregrouping," tuturnya.

Visi selanjutnya, H Andi Bakti Haruni yakni perizinan harus dimudahkan karena dengan kemudahan perizinan maka akan menciptakan banyak lapangan kerja.

"Saya khawatir Bone kedepannya akan menciptakan semakin banyak pengangguran karena kalau perizinan dipersulit maka banyak industri atau usaha yang tidak jalan. Padahal industri atau usaha tersebut membutuhkan pekerja atau menciptakan lapangan kerja," lanjutnya.

Ia pun menitipkan pesan agar Pemerintah Kabupaten Bone, janganlah selalu mengirim sapi, karena kalau mengirim sapi biaya mahal ketimbang mengirim daging.

Olehnya itu, janganlah selalu kirim sapi tapi diproduksi dagingnya seperti dalam bentuk atau kemasan kalengan. Itu biaya lebih murah dan menciptakan pula lapangan kerja. Selanjutnya, di Kabupaten Bone perlu ada Hilirisasi beras, artinya dilakukan pengklasifikasian beras.

Kemudian di sektor industri, Kabupaten Bone memiliki dua pabrik gula, yakni PG yang terletak di Camming, Kecamatan Libureng dan di Arasoe Kecamatan Cina tapi tidak memiliki nama Bone, itu harus pula menjadi perhatian.

Industri itu tidak perlu canggih, tetapi bagaimana menyentuh industri kecil dapat berpenghasilan besar/tinggi, seperti gula merah. Membantu pembuat gula merah dengan bekerjasama toko seperti Alfa Mart dan Indomaret maka usaha gula merah tersebut nilainya akan tinggi dan itu dapat mensejahterakan masyarakat," tuturnya.

"Andaikan kalau saya Bupati, enam (6) bulan saja sudah ada produk lokal Bone di toko-toko besar. Sehingga masyarakat kita dapat cepat sejahtera," tegasnya.

Di sisi tata ruang dan kebersihan kota, H Andi Bakti Haruni yang akrab disapa Puang Bakti menginginkan agar kota lebih bersih, tertib dan teratur serta rumah dan pekarangan masyarakat harus selalu bersih.

"Saya mau supaya kota lebih bersih, tertib dan teratur. Rumah masyarakat dulu harus bersih, rumah dan kafe milik oknum ASN harus menjadi contoh. Andaikan saya Bupati Bone, maka paling lama satu (1) tahun, Kabupaten Bone bisa dapat Adipura karena semua kita miliki," ujarnya.

Baginya visi dan misi yang diungkapkan dan dijelaskannya tersebut, sebenarnya tidak ada yang istimewa. Jadi pada intinya, tahapan pelaksanaan visi misi yang utama.  (Rasul)

Don't Miss

News Feed