ads

23 September, 2018

Meski Hanya Eksebisi, Atlet Gateball Bone Optimis Persembahkan Medali Emas

Meski Hanya Eksebisi, Atlet Gateball Bone Optimis Persembahkan Medali Emas
banner 336x280
banner 336x280

RAKYATSATU.COM, PINRANG - Meski hanya cabang olahraga (cabor) ini masih bersifat eksebisi di event olahraga antar daerah empat tahunan tersebut atau pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sul Sel ke-XVI tahun 2018 di Kabupaten Pinrang, namun Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kabupaten Bone, optimis menyumbangkan emas.



Salah seorang Official Pergatsi Bone di Porda Sul Sel ke-XVI tahun 2018 di Kabupaten Pinrang, Adnan mengatakan, ada 13 orang atlet yang Pergatsi Bone yang turun di Porda Sul Sel ini yang akan bertanding di nomor Beregu Campuran (6 orang), Triple Campuran (4 orang), Double Campuran (2) dan Single Putra (1).



"Memang cabor ini (gateball) masih eksebisi dan kami optimis dapat meraih 2 medali emas," ujar Adnan yang ditemui Rakyatsatu.com, di lokasi pertandingan Gateball, halaman kantor Bupati Pinrang, Minggu (23/09) 



Adapun nomor yang diprediksi dapat menyumbangkan medali emas yakni nomor Beregu Campuran dan Nomor Triple Campuran. 



Cabor Gateball memang masih awam bagi masyarakat Sul Sel pada umumnya dan khususnya masyarakat Bone. Cabor Gateball di Indonesia, awalnya populer di Bali sekira tahun 1995 yang dibawa masuk oleh para turis.



Warga Jepang yang diketahui menjadi pencipta sekaligus perintis berkembangnya olahraga Gateball. Para turis Jepang inilah yang membawa masuk ke Bali.


"Warga jepang itu maniak golf. Persoalannya yang sudah tua-tua sudah tidak bisa main golf lagi, nah akhirnya diciptakan gateball ini," ungkap Adnan.



Selanjutnya, dibentuk Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi). Sehinga, Gateball dikatakan sebagai olahraga rekreasi, masuk di anggota Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi). Untuk tingkat dunia pun sudah ada organisasi induk  gateball Union.  (Rasul)




Don't Miss

News Feed