Woww! Ini Dia Kampung Wisata Hortikultura Bolong Madandan yang Pertama di Sulsel

Woww! Ini Dia Kampung Wisata Hortikultura Bolong Madandan yang Pertama di Sulsel

RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Kebun wisata hortikultura pertama di Provinsi Sulawesi Selatan, kini hadir di wilayah Toraja, tepatnya di Bolong Madandan, Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja.

Dikenal dengan nama Kampung Wisata Hortikultura Bolong Madandan, kebun yang dikembangkan oleh Latief Pongtengko ini, disebut sebagai bentuk dedikasi diri kepada Pengembangan Pertanian Toraja.

Hadir dengan konsep wisata dan edukasi, dikatakan dapat didedikasikan ke berbagai sektor, seperti bidang Pertanian/Perkebunan, Pariwisata, Pemberdayaan Masyarakat, termasuk bagian dari sistem pendidikan nasional yakni masuk dalam kurikulum nasional/K.13.

Diketahui, Dinas Pertanian Tana Toraja pun telah beberapa kali mengunjungi lokasi perkebunan tersebut dan sangat kagum dengan ide kreatif dari Pak Latief dan para petani. Untuk itu, bantuan pengembangan kebunnya sudah sementara diproses.

Beberapa tanaman yang sudah dikembangkan di lokasi kebun antara lain Boncis biasa dan lokal batang warna ungu, Cabe Katokkon 7 jenis dan import 16 jenis, jagung jenis strawberry poping crown dan jenis mois morado, tomat jenis indigorose dan jenis red robin,

Adapula singkong jenis singkong gajah, ketan dan lokal, strawberry jenis sweet carly dan jenis early brite, buah tin/ara jenis Brown Turky, Grand Jordan, Purple Jordan, LSU. Gold, Pance Tiger, PGF. Jumbo, Bromo Violet. Ada juga bunga matahari jenis sky craper dan bunga anggrek bulan. (Kris)

loading...
close
Rakyatsatu