Pesta Adat Jalombong Meriahkan TMMD 102 Kepulauan Selayar. Ini Gambaran Giatnya

Pesta Adat Jalombong Meriahkan TMMD 102 Kepulauan Selayar. Ini Gambaran Giatnya
RAKYATSATU.COM, SELAYAR -  Ada hal menarik di lokasi pelaksanaan TMMD Reguler ke-102 TA 2018 Kodim 1415/Kep Selayar, yakni kegiatan pesta Adat Jalombong.

Pesta Adat Jalombong yang dipusatkan di Pantai Sangkulu-kulu dibuka oleh Bupati Kep Selayar dan dihadiri unsur Forkopimda dan segenap Kepala SKPD Pemkab Kep Selayar serta ratusan masyarakat.

Pesta yang resmi ditetapkan sebagai kalender event pariwisata tahunan masyarakat kecamatan Bontosikuyu tersebut, selain memeriahkan penyelenggaraan TMMD ke-102 di Kabupaten Kepulauan Selayar juga menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Kabupaten Kep Selayar dan masyarakat yang menghadiri event tersebut.

Ritual adat Jalombong diawali dengan pertunjukan pamanca dan pangaru yang digelar di hadapan Bupati Kepulauan Selayar dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), lalu dilanjutkan Lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kapenrem 141/Tp, Mayor Inf Mansur Kole juga menjelaskan bahwa usai lagu Indonesia Raya, dipentaskan pertunjukan kontau dan tarian adat pakarena Laiyolo. Usai menyaksikan pementasan atraksi kontau dan tarian adat pakarena Laiyolo, rombongan tamu VIP kembali dihibur dengan pertunjukan ritual tolak bala oleh cucu pawang buaya Sungai Sangkulu-kulu. 

"Baru setelah itu, bupati bersama rombongan tamu VIP bergerak menuju pesisir pantai Sangkulu-kulu dan mengawali prosesi pelemparan jaring yang menandai dimulainya rangkaian pesta adat jalombong," ujar Mayor Inf Mansur Kole, Selasa (24/07). 

Sebelum melakukan pelemparan jaring ke laut bupati bersama Dansatgas TMMD 102 Kepulauan Selayar, Letkol Armed Yuwono, S.Sos, MM, berkenan menyampaikan sambutan di hadapan tamu undangan yang ikut dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Sulsel, Hj. Nur Syamsina Aroeppala.  (Rasul).
loading...
close
Rakyatsatu