Guna Memahami dan Kenali Lingkungan dan Warga Sekolah, SMPN 4 Sibulue Bone Gelar PLS

Guna Memahami dan Kenali Lingkungan dan Warga Sekolah, SMPN 4 Sibulue Bone Gelar PLS
RAKYATSATU.COM, BONE - Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) sangat penting dalam menunjang dan menyukseskan proses belajar mengajar (PBM) di sekolah, sehingga sangat perlu dilaksanakan, khususnya kepada peserta didik atau siswa baru.

Selain itu, dengan PLS maka siswa baru diharapkan dapat memahami dan mengenali lingkungan sekolahnya tempat ia mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan lainnya termasuk Wawasan Widyatamandala, Visi Misi dan Tata Tertib Sekolah sebelum mereka memulai PBM di kelasnya masing-masing.

Kepala SMPN 4 Sibulue Bone, Andi Suradi dalam sambutannya saat membuka PLS di sekolahnya mengatakan bahwa dengan kegiatan PLS yang dilaksanakan selama tiga (3) hari diharapkan para siswa khususnya siswa baru dapat mengenali lingkungan sekolahnya sekaligus mengenal warga sekolah, dalam hal ini Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta peserta didik lainnya.

"Lewat PLS ini, kita berharap para siswa baru dapat saling mengenal dan mengetahui lingkungan dan warga sekolah serta kita dapat mulai mengenal karakter, minat dan bakat siswa baru untuk dikembangkan melalui pendidikan formal, non formal dan informal," ujar Andi Suradi, S.Pd.

Hal senada diungkapkan Pembina Kesiswaan SMPN 4 Sibulue Bone, M Ansar, S.Pd. Menurutnya pula, dengan PLS maka antara Tenaga Pendidik dan Kependidikan dan peserta didik dapat saling memahami dan mengenal karakter masing-masing.

Ia menambahkan, sebenarnya PLS di SMPN 4 Sibulue ini rencananya akan dibuka pada hari Senin (16/07) namun dengan berbagai pertimbangan maka baru dibuka pada hari Rabu (18/07) ini.

"Kita sengaja melakukan dulu pra PLS agar peserta didik atau siswa baru bisa berinteraksi atau saling berinteraksi terlebih dahulu antara peserta didik lainnya di SMPN 4 Sibulue maupun dengan sesamanya siswa baru agar tidak canggung lagi saat pelaksanaan PLS yang dulu dikenal dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS)," jelas M Ansar.  (Rasul)

loading...
close
Rakyatsatu