Dansatgas TMMD ke-102 Kodim 1415/ Kep Selayar Bersama Mahasiswa UNHAS Lakukan Penyuluhan dan Tanam Bibit

Dansatgas TMMD ke-102  Kodim 1415/ Kep Selayar Bersama Mahasiswa UNHAS Lakukan Penyuluhan dan Tanam Bibit
RAKYATSATU.COM, SELAYAR - Selain program kegiatan fisik, kegiatan TMMD Reguler ke-102 TA 2018 Kodim 1415/Kep Selayar juga melaksanakan kegiatan non fisik, seperti penyuluhan dan bimbingan.

Hal itu terbukti pada hari Sabtu (14/07) kemarin, Dansatgas TMMD Reguler ke-102 TA 2018 Kodim 1415/Kep Selayar, Letkol Armer Yuwono, S.Sos, MM bersama mahasiswa Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar melaksanakan penyuluhan pertanian dan penyaluran bibit tanaman pala sekira 7.000 pohon kepada masyarakat Dusun Lopi-lopi, Desa Harapan Baru, Kecamatan Bontosikuyu yang diterima secara simbolis oleh salah seorang warga, Rusli.

Kapenrem 141/Tp, Mayor Inf Mansur Kole mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya pemberdayaan pekarangan rumah dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan peningkatan mutu tanaman kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Pertemuan Dusun Lopi-lopi, Desa Harapan, Kecamatan Bontosikuyu.

"Kegiatan ini merupakan program Non-fisik dari TMMD 102 Kodim 1415/Kepulauan Selayar bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kep Selayar yang diberikan langsung oleh Dandim 1415/Kep. Selayar yang juga Dansatgas TMMD. Penyerahan bibit tersebut diserahkan secara simbolik kepada Muh Rusli, salah seorang warga Dusun Lopi Lopi," jelas Mayor Inf Mansur Kole, Minggu (15/07).

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan oleh Dandim 1415/Kep. Selayar Letkol Armed Yuwono, S. Sos, MM. Ia mengatakan, selain kegiatan fisik yang dikerjakan Satgas TMMD ke-102, juga membuat program non fisik, termasuk kegiatan penyuluhan ini, dan saya berterimakasih kepada Kementrian Pertanian dan Ketahanan Pangan yang turut berpartisipasi dalam program TMMD 102 ini.

Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan dari Kementerian Pertanian dan Ketahanan Pangan Kep Selayar Hamsah Raja S. P dan Andi Maulana, S. P, M.P yang pada intinya menjelaskan bagaimana memenuhi kebutuhan pangan dengan pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis tanaman jangka pendek seperti sayur mayur.

"Kemudian materi kedua yang dijelaskan oleh Hamzah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana membudidayakan tanaman Pala. Pada kegiatan tersebut, puluhan mashasiswa UNHAS ikut terlibat dalam membantu penyuluhan dan pemberian bibit yang dilanjutkan dengan penanaman bibit," tutur Mayor Inf Mansur.

Ia menambahkan, Dansatgas TMMD ke-102 langsung melakukan penanaman bibit bersama mahasiswa UNHAS Makassar serta masyarakat dan personel Satgas TMMD ke-102 Kodim 1415/Kep Selayar.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Danramil 1415-01 Bontosikuyu Mayor Arh Ahmad Sarr, Kapolsek Bontosikuyu AKP Manussir, Ketua Persit KCK cabang XXIX Kodim 1415/Kep Selayar bersama anggotanya, beberapa kelompok tani Kecamatan Bontosikuyu dan beberapa kepala dusun di Desa Harapan.  (Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu