Pj Bupati Bone Menilai, Demokrasi di Bone Berjalan Baik

Pj Bupati Bone Menilai, Demokrasi di Bone Berjalan Baik
RAKYATSATU.COM, BONE - Meski dua fraksi walk out (keluar) pada Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati Bone, namun itu tidak mempengaruhi kelanjutan Rapat Paripurna DPRD Bone tersebut, Senin (30/04).


Bahkan Penjabat (Pj) Bupati Bone, Ir H Andi Bakti Haruni, C.E.S menilai, keluarnya dua fraksi, yakni Fraksi Gerindra dan Fraksi FNBK pada Rapat Paripurna tersebut menandakan bahwa demokrasi di Bone berjalan dengan baik atau hidup.


"Itu menandakan bahwa demokrasi di Bone berjalan baik atau hidup. Itu juga merupakan suatu dinamika dan proses bahwa Bone ini kuat. Hal itu terbukti, adanya perbedaan pendapat dan semua berakhir dengan baik. Ini juga menandakan bahwa etika dan peradaban adat di Bone sangat dijunjung tinggi," tutur H Andi Bakti Haruni.


Ia juga menjelaskan bahwa, laporan dari Pemkab Bone tidak terlambat dan itu dibuktikan rekomendasi yang tertanggal 28 April 2018, namun pelaksanaan atau jadwal Rapat Paripurna bukan wewenang Pemkab Bone yang menentukan tetapi itu internal DPRD Bone.


Keluarnya kedua fraksi pada Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati Bone itu disebabkan adanya perbedaan pendapat antara sejumlah anggota DPRD Bone dalam menyikapi waktu pelaksanaan Rapat Paripurna.


H Syaifullah Latif dari Fraksi PNBK mengatakan bahwa Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati Bone, waktunya sudah lewat sehingga menyalahi atau tidak sesuai amanah PP No 3.


"Saya memilih keluar kalau Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati Bone tidak diberi catatan terlambat karena itu demi citra kelembagaan (DPRD) Bone. Saya tidak mau, bola itu mati di DPRD Bone," tegasnya.


Hal senada dilakukan pula Fraksi Gerindra. Mereka memilih keluar kalau Ketua DPRD Bone, Andi Akbar Yahya yang memimpin sidang tidak menyetujui kalau Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati Bone, dikatakan terlambat dibahas dan menyalahi prosedur.  (Rasul)





loading...
close
Rakyatsatu