Persiapan UN, SMPN 4 Sibulue Lakukan Simulasi UNBK

Persiapan UN, SMPN 4 Sibulue Lakukan Simulasi UNBK
RAKYATSATU.COM, BONE - Menghadapi Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran (TA) 2017/2018, SMPN 4 Sibulue yang terletak di Dusun Kajuara, Desa Pakkasalo, Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di ruang laboratorium, Senin (19/03).

Kepala SMPN 4 Sibulue, Andi Suradi mengatakan, pelaksanaan simulasi UNBK tersebut untuk memberikan gambaran tentang UNBK kepada siswa kelas IX yang akan mengikuti UN TA 2017/2018, agar siswa tidak kaget dan kelabakan saat pelaksanaan UNBK nantinya yang rencananya akan dilaksanakan Mei 2018.

"Kita bimbing siswa peserta UNBK agar terbiasa nantinya mengerjakan UN melalui laptop/komputer. UNBK ini baru pertama kalinya dilaksanakan di SMP. Semoga tidak ada kendala dan kita berharap semua peserta dapat lulus 100 persen," ujar Andi Suradi.

Selain itu, simulasi yang dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Bone ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta UNBK agar tidak salah menggunakan aplikasi yang sudah diatur dan dikonekkan oleh operator sekolah.

Ia menambahkan, untuk SMPN 4 Sibulue ada 92 orang siswa peserta UNBK dan itu akan dibagi tiga sesi. Jadi akan ada tiga sesi dengan metode yang sama namun akan mengerjakan soal yang berbeda setiap peserta UNBK. Adapun mata pelajaran yang di UNBKakan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Jadi di sekolah kami ada tiga sesi, soal yang dikerjakan siswa berbeda-beda walau mata pelajaran sama. Seperti IPA, semua mengerjakan soal IPA tetapi soalnya berbeda sehingga akan sangat susah untuk menyontek," tambahnya.

Muh Anas, Operator Komputer SMPN 4 Sibulue mengharapkan, semoga dalam pelaksanaan UNBK atau tepatnya hari H nantinya, jaringan tidak bermasalah. Karena hal itu dapat menghambat jalannya pelaksanaan UNBK.

"Kita berharap, di hari H nantinya, jaringan tidak bermasalah demikian pula laptop/komputer peserta. Semoga semuanya tetap konek dan sesuai perencanaan," harapnya.

Sementara itu, Erwin salah seorang calon peserta UNBK tingkat SMP mengatakan kalau simulasi UNBK ini sangat bermanfaat baginya dan bagi rekan-rekannya pelajar calon peserta UNBK.

"Ini sangat bermanfaat dan semoga nantinya semua laptop teman-teman terkoneksi dan jaringan sangat mendukung. Tentu kami berharap lulus semuanya," harapnya.  (Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu