Iklan

Iklan

IMM Bone Turun Jalan Suarakan Tolak Hoax

12 Maret 2018, 12:31 PM WIB Last Updated 2018-03-12T04:31:05Z
RAKYATSATU.COM, BONE - Puluhan mahasiswa Bone yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Bone menggelar aksi damai anti hoax di Tugu Bundaran Watampone, Senin (12/03).

Kordinator lapangan (korlap), Ananda Reski mengatakan, aksi damai yang dilakukannya guna menangkal penyebaran informasi berbau fitnah, hasutan maupun hiax di media sosial yang dapat membuat resah masyarakat.

Selain itu, untuk menyikapi fenomena sosial yang kini menerpa kondisi kebangsaan Indonesia yakni adanya penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat menimbulkan kegaduhan dan perpecahan antar umat.

"Kami dari mahasiswa IMM Kabupaten Bone mendeklarasikan diri dan menolak segala informasi dan berita hoax. Menolak setiap oranh yang sengaja menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu antar kelompok masyarakat berdasarkan SARA," tegas Ananda Reski.

Ia juga menjelaskan hoax merupakan material informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya. Upaya pemutarbalikan fakta, melalui proses pembacaan dengan informasi yang meyakinkan tetapi tidak dapat diverifikasi. Hoax juga terkadang mengacaukan informasi yang benar dengan cara membanjiri suatu media dengan pesan yang salah untuk menutupi pesan yang benar.

"Makanya kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat tanpa membedakan gender, usia, agama, suku dan golongan untuk memanfaatkan media sosial secara positif dan produktif, cerdas dan memgedukasi masyarakat dengan menyebar informasi benar dan tidak menyebar hoax," tambahnya.

IMM Kabupaten Bone juga menghimbau dan mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bone untuk memmerankan fungsi masing-masing secara baik mulai dari diri pribadi, keluarga dan lingkungan untuk menjaga situasi dan kondisi masyarakat tetap kondusif aman dan damai.  (Rasul)
Komentar

Tampilkan

  • IMM Bone Turun Jalan Suarakan Tolak Hoax
  • 0

Terkini

Iklan