Gunakan Batik Toraja ala Jubah Jaman Now, Amorah Dibanjiri Pujian dari Netizen

Gunakan Batik Toraja ala Jubah Jaman Now, Amorah Dibanjiri Pujian dari Netizen
RAKYATSATU.COM, TORAJA - Kebudayaan dan keberagaman Toraja yang kaya akan berbagai aspek yang masih terjaga, menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Toraja.

Kain Toraja yang sarat akan berbagai makna dari simbol ukiran yang terpampang di setiap lembar kain, membuat kain toraja banyak diminati masyarakat lokal maupun pendatang. 

Namun, taukah anda bahwa ternyata kain batik Toraja jika didesain menjadi jubah ala jaman now, ternyata hasilnya sangat indah loh. 

Adalah Aprianto Amos Poleseko (19), yang akrab disapa Amorah ini, mendesain kain batik yang dibelinya menjadi jubah yang menuai banyak pujian dari netizen, saat dirinya memposting karyanya tersebut di akun medsosnya, saat menghadiri di sebuah acara pernikahan temannya. 

Putra asal Awa' Tiromanda, Makale Selatan ini, terinspirasi lewat kesukaannya pada penyanyi dangdut yang suka menggunakan jubah keren.

"Ngk, aqu bukan penyanyi tpi suka sma lgu" dangdut mka aqu punxa keinginan buat jubah mrip pnyanyi dangdut dgn motif toraja," tulisnya.

Amorah yang sementara kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan Indonesia Makassar, jurusan Management ini bahkan tak menyangka desainnya disukai banyak netizen. 

Ditambahkan pula bahwa ukiran toraja bukan cuman bisa kita lihat di Rumah Tongkonan, tapi kita bisa bawah ke dalam dunia desainer. "Jujur sihh seandai aq puny bkat mnjahit dn ad modal pngen buat desainx yg baru u laki" dan permpuan dn temaxa smua tentang toraja..  Tpi yahh lom wktunxa kali'.. Lom di kasi rxki am Tuhan," katanya.

Semoga ini menjadi inspirasi bagi masyarakat Toraja untuk tetap mencintai kebudayaaan warisan nenek leluhur yang dipadukan dengan perkembangan zaman sekarang, namun tetap berdasar pada kearifan lokal. (San/ Kris)
loading...
close
Rakyatsatu