Iklan

Iklan

Begini Cara Ketua TP-PKK Mare Tingkatkan Kapasitas Pengurusnya

10 November 2023, 9:27 PM WIB Last Updated 2023-11-10T14:29:44Z

Pertemuan TP-PKK Kecamatan Mare di aula Kantor Camat Mare yang dipimpin langsung Ketua TP-PKK Kecamatan Mare dan Pembina PKK Kecamatan Mare Andi Hidayat Pananrangi, Jumat (10/11/2023)/ Foto : Rasul 

RAKYATSATU.COM, BONE
- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.


Olehnya itu, TP-PKK Kecamatan Mare Kabupaten Bone yang dinakhodai Ny. Andi Mutiara Banawa Andi Hidayat terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas pengurus dan anggota PKK Kecamatan Mare.


Seperti pada hari Jumat (10/11/2023), TP-PKK Kecamatan Mare melakukan pertemuan yang disamping menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Daerah (Rakerda) TP-PKK Kabupaten Bone beberapa hari lalu, juga untuk peningkatan kapasitas TP-PKK Kecamatan Mare, di aula kantor Camat Mare.


"Disamping kita menindaklanjuti hasil Rakerda TP-PKK Kabupaten Bone kita juga melakukan kegiatan peningkatan kapasitas dengan memberikan pemahaman terkait Dasa Wisma dan Pokja I sampai IV," ujar Ny. Andi Mutiara Banawa Andi Hidayat. 


Lanjutnya lagi, PKK adalah gerakan yang hampir selalu dianggap sebagai gerakan yang hanya bisa dianggotai perempuan. Padahal sejatinya, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga tak melulu harus dianggotai kaum hawa saja. Karena Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga adalah gerakan yang sifatnya pragmatis, ia tak lepas dari berbagai fungsi yang disematkan.


Ia menambahkan, Gerakan PKK bisa merealisasikan program kesehatan setidaknya dengan cara seperti, menggerakkan keluarga dalam perilaku hidup bersih dan sehat.


"Selain itu perlu pembinaan peran serta masyarakat dalam upaya penurunan angka kematian ibu, bayi, dan balita. Pembinaan keluarga untuk sadar akan gizi, dan mendukung program pencegahan dan deteksi dini kanker," ujarnya lagi. 


"Adapun kegiatan PKK adalah menggerakkan dan membina masyarakat untuk melaksanakan 10 program pokok PKK dengan sasaran keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat untuk mewujudkan keluarga sejahtera. Perlu melaksanakan kegiatan per pokja yang tentunya diadopsi melalui 10 program PKK," pungkasnya. 


Hadir pada pertemuan tersebut, selain Ketua TP-PKK Kecamatan Mare, Ny. Andi Mutiara Banawa Andi Hidayat dan Pembina TP-PKK Kecamatan Mare Andi Hidayat Pananrangi, hadir pula Ketua dan Sekretaris TP-PKK Desa/Kelurahan, Ketua Pokja I - IV, dan Admin Dasa Wisma. [Ikhlas/Rasul]

Komentar

Tampilkan

  • Begini Cara Ketua TP-PKK Mare Tingkatkan Kapasitas Pengurusnya
  • 0

Terkini

Iklan