-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Petani Sinjai Diberi Penguatan Kelembagaan dan Pola Bisnis Pertanian

03 Maret 2023 | 4:39 PM WIB |

Suasana pelatihan kewirausahaan agribisnis padi bagi para petani, di Kantor BPP Sinjai Utara, Jumat (3/3/2023)/ Foto : Dok. Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI
- Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan agribisnis padi bagi para petani yang ada di Sinjai.


Kegiatan ini berlangsung di tiga tempat yaitu di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sinjai Utara, BPP Bulupoddo dan BPP Sinjai Timur. Pelaksanannya selama tiga hari dari tanggal 1 hingga 3 Maret 2023.


Widyaswara dari BBPP Batangkaluku Andi Baso Kresna saat ditemui di Kantor BPP Sinjai Utara, Jumat (3/3/2023) mengatakan bahwa kegiatan yang dibiayai oleh kementerian Pertanian ini sebagai upaya menguatkan komitmen dan jiwa kewirausahaan serta meningkatkan keterampilan teknis agribisnis bagi petani.


“Dalam pelatihan ini petani dapat belajar tentang penguatan kelembagaan dan pola-pola bisnis khususnya di pertanian tanaman padi. Mudah-mudahan kegiatan Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, Puluhan Petani ini bisa dilakukan secara berkesinambungan, ” jelasnya.


Ia berharap para petani dapat mensosialisasikan materi yang diperoleh kepada petani lainnya sehingga produksi padi di Sinjai semakin meningkat utamanya serapan gabah ke Bulog.


Terkait hal ini, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai H. Kamaruddin mengucapkan terima kasih kepada BBPP Batangkaluku yang menjadikan Sinjai sebagai lokasi pelatihan.


Menurutnya, melalui pelatihan kewirausahaan diharapkan bisa memberikan pembekalan guna menguatkan motivasi dan komitmen dalam berwirausaha di sektor pertanian bagi petani.


“Wirausaha ini bisa berjalan bagus jika kontinuitas produksi ada dan kualitas produksi terjamin. Oleh karena itu pelatihan ini sangat penting bagi para petani kita,” ucapnya.


Kamaruddin berharap pelatihan ini bisa berlanjut dan bisa dikembangkan, tidak hanya untuk komoditi padi saja tetapi juga pelatihan kewirausahaan agribisnis hortikultura.


Pelatihan ini diikuti sebanyak 75 petani yang ada di Sinjai. Masing-masing lokasi pelatihan yang ditempatkan di BPP diikuti sebanyak 25 orang petani. [Ikhlas/Sudirman]

×
Berita Terbaru Update