-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sekda Maros Pimpin Rancangan Awal RKPD 2024

09 Februari 2023 | 6:45 PM WIB |

Sekda Maros, Andi Davied Syamsuddin saat melakukan penandatanganan pada kegiatan konsultasi publik Rancangan Awal RKPD Maros tahun 2024, di Baruga B Kantor Bupati Maros, Kamis (2/2/2023)/ Foto : Dok. Pemkab Maros 

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Sekretaris Daerah (Sekda) Maros, Andi Davied Syamsuddin memimpin jalannya forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Maros 2024, yang digalar di Baruga B Kantor Bupati Maros, Kamis (2/2/2023).



Forum konsultasi publik tersebut adalah forum diskusi yang digelar guna membahas isu-isu dan masukan pemangku kepentingan untuk perencanaan pembangunan daerah tahun 2024.



Sekretaris Daerah, Andi Davied Syamsuddin mengungkapkan, ini guna menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal. "Kita menghimpun aspirasi terhadap sasaran pembangunan daerah," ungkapnya.



Menurutnya, penyusunan RKPD 2024 harus lebih cermat dan terintegrasi. Rancangan Awal (Ranwal) RKPD ini kemudian akan dibahas lebih lanjut pada Musrembang beberapa hari ke depan.



"Perencanaan itu harus matang, anggaran tidak boleh cair tanpa adanya perencanaan. Maka perlu perencanaan yang dapat tepat sasaran. Menjadi solusi solutif dan berkepentingan langsung dengan masyarakat," ujarnya.



Segala bentuk kekeliruan ungkap Davied, pasti berawal dari perencanaan. Untuk itu ada beberapa pendekatan yang harus diperhatikan dalam membuat perencanaan.



"Ada pendekatan akademis, pendekatan partisipatif, pendekatan politis, dan pendekatan bottom-up dan top-down. Bottom-up ini juga menjadi usaha kita mencegah korupsi," jelas Davied.



Kegiatan yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Maros ini, diikuti perwakilan seluruh elemen masyarakat. Termasuk DPRD Maros, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Camat, LSM, perwakilan perempuan, dan perwakilan difabel.



Sementara itu, Kepala Kepala Bidang Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Mustika Nurdin berharap, RKPD 2024 dapat berjalan sesuai dengan data dan kebutuhan masyarakat.



"Akan diselaraskan dengan visi pembangunan, isu strategis dan prioritas, juga dengan tema pembangunan 2024. Tema pembangunan 2024 yakni, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan wilayah dan pengembangan sumber daya manusia," pungkasnya.



Musrembang akan berlangsung mulai 6-15 Februari 2023. Dengan delegasi perangkat daerah diwajibkan berasal dari eselon III. [Ikhlas/Arul]

×
Berita Terbaru Update