Iklan

Iklan

BKSDA Lepasliarkan Hewan Dilindungi, Diharap Bisa Berkembang Biak Secara Alami

02 Desember 2022, 1:58 PM WIB Last Updated 2022-12-04T02:19:46Z

atwa Dilindungi, Julang Sulawesi saat dilepasliarkan untuk berkembang biak secara alami, oleh BKSDA Sulsel, di Kawasan Konservasi Wisata Alam Lejja, Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa, Jumat (2/12/2022)/ Foto : Yudha

RAKYATSATU.COM, SOPPENG
- Bertambah lagi koleksi Satwa liar di Kabupaten Soppeng, setelah Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sulawesi Selatan lepasliarkan hewan dilindungi, di Kawasan Konservasi Wisata Alam Lejja, Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa, Jumat (2/12/2022).


BKSD Sulsel lepasliarkan satwa dilindungi jenis Julang Sulawesi (Rhyticeras) sebanyak 16 ekor, 10 ekor Kring  bukit (PrionitasPlatury) dan satu ekor Prikici dora (Tricholusus otaney).

Kabid KSDA Wilayah II Pare Pare Ahmad Yani mengatakan, satwa jenis burung ini dilepas di hutan bebas dalam rangka melestarikan hewan tersebut.

Menurut dia. jika tinggal di kandang maka hewan-hewan tersebut tidak terurus dengan baik, tidak bisa berkembang biak.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Soppeng Hj Andi Nurlina saat hadir dalam pelepasang itu, mengatakan bahwa dengan dilepasnya satwa yang dilindungi khususnya di Kabupaten Soppeng, diharapkan bisa berkembang biak.

"Kami selaku dinas pariwisata sangat mendukung kegiatan seperti ini sehingga satwa satwa yang ada di Kabupaten Soppeng bisa terjaga dan terpelihara, tidak punah dan bisa dinikmati nanti oleh anak cucu cucu kita," harap Kadis Pariwisata.

Senada yang dikatakan Kadis Lingkungan hidup Kabupaten Soppeng melalui Kepala Seksi Lingkungan hidup Kabupaten Soppeng, Baba. Bahwa, kini Soppeng tidak hanya miliki Kelelawar, namun ada satwa lain yang hidup.

Dia berharap, dengan lepasliarkan itu hewan tersebut bisa berkembang biak dan dapat lestari di alam.

"Tentu kita berterima kasih karena adanya kegiatan seperti ini. Kami juga mengharapkan seandainya bisa ditempatkan di permandian alam dan tentu itu bisa jadi daya tarik bagi pengunjung di Lejja,"harap Baba.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis lingkungan hidup Kabupaten Soppeng, Padis Pariwisata kabupaten Soppeng Hj.Andi Nurlina, Kepala KPH Walenae Kades Bulue,Babinsa Bhabinkamtibmas Bulue, Kepala Resort Lejja. [Ikhlas/Yudha]
Komentar

Tampilkan

  • BKSDA Lepasliarkan Hewan Dilindungi, Diharap Bisa Berkembang Biak Secara Alami
  • 0

Terkini

Iklan