Iklan

Iklan

STQH Tingkat Kabupaten Sidrap Digelar, Ini Kata Bupati

04 November 2022, 9:05 AM WIB Last Updated 2022-12-02T05:52:18Z

RAKYATSATU.COM, SIDRAP – Sebelas (11) Kecamatan se-Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) mengikuti pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Ke-33 tingkat Kabupaten Sidrap, di lapangan Polewali, Kecamatan Tellu Limpoe, Kamis (3/11/2022) malam.

Pembukaan dihadiri Bupati Sidenreng Rappang H Dollah Mando, Ketua DPRD Sidrap, H Ruslan, Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, Kajari Sidrap, Hasnadira, Ketua Pengadilan Negeri Sidrap, Jumadi Apri Ahmad, dan Ketua Pengadilan Agama Sidrap, Hj. Hidayani Paddengngeng.

Tampak hadir juga Biro Kesra Sulsel Syamsuddin dan H. Rappe dari Kanwil Kemenag Sulsel, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sidrap, Muhammad Idris Usman, para kepala OPD, camat, Kepala Desa, dan Lurah, serta toko Agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Pembukaan di awali dengan devile peserta dari perwakilan 11 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sidrap.

Sekertaris Panitia, Muhammad Idris Usman dalam laporannya menyampaikan, STQH ke-33 tingkat kabupaten Sidenreng Rappang mengusung tema “Kita Wujudkan Generasi Qur’an Yang Sehat Dan Berkarakter Menuju Sidenreng Rappang Yang Religius”.

Kegiatan STQH akabn berlangsung selama 3 (tiga) hari, yang dimulai tanggal 4 sampai dengan 7 November 2022, menggunakan 4 tempat yakni Panggung utama di lapangan Desa Polewali, Masjid Fajar teteaji, Masjid Darul Abrar teteaji, Aula Mts. Al barakah teteaji.

“STQH ini akan memperlombakan 5 kategori yang terbagi 11 golongan lomba. Kategori tersebut yakni Tilawah Anak Anak, Tilawah Dewasa, Hifdzil 1 juz dan tilawah, Hifdzil 5 juz dan tilawah, Hifdzil 10 juz, Hifdzil 20 juz, Hifdzil 30 juz, Hafalan 100 hadis dengan sanad, hafalan 500 hadis tanpa sanad,” kata Muhammad Idris Usman.

“Selain itu, juga akan memperlombakan Shalawat untuk majelis taklim antar kecamatan, Qasidah rebana untuk remaja masjid antara kecamatan,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Sidrap, H Dollah Mando, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penitia pelaksana dan seluruh masyarakat, atas terselenggaranya kegiatan ini, yang berjalan lancar dan aman.

“Kegiatan STQH dan MTQ telah menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan mulai dari tingkat kecamatan sampai nasional. Oleh sebab itu STQH ini merupakan sarana untuk mewujudkan generasi yang mencintai dan mengamalkan Al-Qur’an dan hadits serta menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan dunia untuk mencapai kebahagian hakiki di akhir kelak,” kata Dollah Mando diwakili Asisten Administrasi umum, Nasruddin Waris.

Kata dia, pelaksanan STQH ini tidak hanya berfokus pada pencairan bibit unggul yang akan mewakili kabupaten Sidrap, baik tingkat provinsi maupun Nasional. Tetapi lebih dari itu untuk membentuk karakter manusia, sesuai nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an.

“Salah satu program yang dilaksanankan adalah pembagunan pondok tahfidz Qur’an di masjid nona nonae kecamatan watang pulu, serta berupaya bersinegri dengan program pemerintah provinsi Sulsel yaitu satu desa satu hafidz Al-Qur’an,” terangnya.

Pembukaan STQH ditandai penyerahan piala bergilir dan pemukulan bedug oleh Bupati Sidrap didampingi unsur Forkopimda dan tamu undangan. [Ikhlas/Yudha]

Komentar

Tampilkan

  • STQH Tingkat Kabupaten Sidrap Digelar, Ini Kata Bupati
  • 0

Terkini

Iklan