Iklan

Iklan

Kepala Sekolah Tingkat SMP Maros Ikuti PKKS, Begini Aspek Penilaiannya

08 November 2022, 9:05 AM WIB Last Updated 2022-12-02T05:52:13Z

RAKYATSATU.COM, MAROS – Tim Pengawas Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan dan kebudayaan Maros, tengah melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), Selasa (7/11/2022).

Koordinator pengawas (Korwas) Kabupaten Maros, Burhanuddin mengatakan, dalam PKKS tersebut ada beberapa komponen penilaian kinerja kepala sekolah yang menjadi penilaian, yaitu kemampuan atau kompetensi yang dimiliki kepala sekolah dalam melakukan pekerjaannya.

Selain itu, juga karakteristik individu sebagai objek penilaian dalam hal ini adalah komitmen kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.

Kemudian juga ada penilaian terhadap prosedur pelaksanaan pekerjaan. Orientasi pada proses difokuskan kepada perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok fungsi dan dan tanggung jawabnya yakni melaksanakan fungsi manajerial dan fungsi supervisi pada sekolah yang dipimpinnya dan penilaian terhadap hasil kerja yang dicapai dari pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawabnya.

Untuk mengetahui hal itu, lanjut Burhanuddin, tim pengawas membagikan instrumen kepada pihak yang tahu persis perilaku kepala sekolah selama menjalankan tugas diantaranya guru, tenaga kependidikan,siswa dan komite sekolah dalam hal ini orang tua siswa.

“Keempat responden ini akan kami acak untuk mengisi instrumen penilaian secara rahasia. Untuk setiap instrumen kami minta lima  guru, lima tenaga kependidikan, lima orang tua dan lima siswa di setiap tingkatan,” kata Burhanuddin saat dikonfirmasi media.

Sedangkan, cara pengisian instrumen ini dilakukan secara rahasia tanpa diketahui identitas responden yang  melakukan penilaian kinerja kepala sekolah.

“Hasil pengisian instrumen dari setiap responden telah tergambar secara jelas kinerja kepala sekolah,” jelas Burhanuddin.

Disebutkan Burhanuddin penilaian kinerja kepala sekolah adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala sekolah. T

“Kinerja kepala sekolah SMP telah dinilai oleh tim pengawas SMP yang ditunjuk Kadis Pendidikan dan kebudayaan Maros,” sebut Burhanuddin.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Andi Patiroi mengatakan kinerja kepala sekolah yang dilakukan tim pengawas SMP yang masih sementara berlangsung di harapan dapat menghasilkan data akurat terkait kinerja setiap kepala sekolah.

“Hasil kinerja kepala sekolah ini nantinya akan dipaparkan tim pengawas, bahwa gambaran siapa-siapa kepala sekolah yang dianggap berhasil dan kurang berhasil,” sebut Patiroi.

Ditambahkan Patiroi, penilaian kinerja kepala sekolah yang berlangsung injil tidak hanya berkisar pada aspek karakter individu melainkan juga pada hal-hal yang menunjukkan proses dan hasil kerja yang dicapainya seperti kualitas, kuantitas hasil kerja, ketepatan waktu kerja, dan sebagainya.

”Apa yang dikerjakan kepala sekolah merupakan sebuah proses pengolahan input menjadi output tertentu,” tutup Patiroi. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • Kepala Sekolah Tingkat SMP Maros Ikuti PKKS, Begini Aspek Penilaiannya
  • 0

Terkini

Iklan